Pejabat Negara Bidang Kebudayaan se-ASEAN Sepakati Kerja Sama Multikultural   12 September 2019  ← Back


 

Yogyakarta, Kemendikbud --- Yogyakarta menjadi tuan rumah Pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting for Culture and Arts (ASEAN SOMCA) ke-15 pada 8 s.d. 12 September 2019. Dalam pertemuan tersebut para pejabat negara ASEAN yang menangani bidang kebudayaan sepakat untuk terus melaksanakan program kerja sama di bidang seni dan budaya yang sangat efektif dalam mempererat hubungan multilateral dan pertukaran budaya antar negara ASEAN. 

Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan turut hadir dalam pertemuan ASEAN SOMCA ke-15 tahun ini. Dalam pertemuan tersebut, disepakati beberapa kegiatan kerja sama di bidang kebudayaan, seperti akan dilaksanakannya peringatan 30 tahun Hubungan ASEAN-Korea Selatan di tahun ini yang ditandai dengan penyelenggaraan kegiatan kebudayaan. Kegiatan kebudayaan tersebut antara lain ASEAN-ROK Traditional Concert yang akan diselenggarakan di Korea Selatan pada Oktober 2019, Digitalisasi Cagar Budaya di negara-negara ASEAN yang merupakan kerja sama antara ASEAN dan Jepang, serta kerja sama pertukaran pelajar antara ASEAN dan Tiongkok. 

ASEAN SOMCA 2019 juga menyepakati rumusan ASEAN Identity di mana tahun 2020 akan menjadi momentum untuk menegaskan kembali perlunya meningkatkan kesadaran akan asean identity yang akan segera dideklarasikan pada tahun 2020 mendatang.

Para delegasi negara ASEAN sebelumnya juga berkesempatan mengunjungi beberapa objek budaya di Yogyakarta, yaitu Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Museum Ullen Sentalu. Kunjungan kebudayaan tersebut bertujuan untuk mempromosikan cagar budaya di Indonesia serta menegaskan bahwa ASEAN memiliki keragaman budaya yang perlu dilestarikan sehingga para delegasi diharapkan semakin memahami tentang pelestarian cagar budaya dan keragaman budaya yang ada di ASEAN. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil peran sebagai tuan rumah penyelenggaraan SOMCA ke-15 sebagai komitmen pemerintah dalam memajukan kebudayaan. SOMCA 2019 mengusung tema “Embracing The Culture of Prevention to Enrich ASEAN Identity” dan membahas arah kebijakan berkelanjutan para pemangku kepentingan dari berbagai negara. Perhelatan akbar ini merupakan pertemuan tingkat Pejabat Eselon 1 bidang kebudayaan yang membahas Term of Reference, landasan kegiatan kebudayaan, serta usulan Pernyataan Bersama, termasuk membahas kerja sama kebudayaan di tingkat yang lebih tinggi.

Para pejabat eselon 1 yang bertanggung jawab terhadap bidang seni dan kebudayaan berkomitmen untuk memajukan kebudayaan sebagai salah satu fondasi dinamika komunitas ASEAN dan membangun harmoni antarmasyarakat ASEAN. Delegasi luar negeri yang hadir dalam agenda SOMCA yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Laos, Vietnam, China, Jepang dan Korea Selatan. (Desliana Maulipaksi).


Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5681 kali