"Cerdas Berdigital dan Berbineka" Jadi Tema Pameran Kemendikbud di SAIK 2019  25 Oktober 2019  ← Back



Pangkal Pinang, Kemendikbud -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ikut ambil bagian dalam Pameran Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 yang digelar di Alun-Alun Taman Merdeka, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Balitung, Rabu (23/10) hingga Jumat (25/10). Dalam pameran tersebut, stan  Kemendikbud seluas 72 meter persegi, tampil dengan tema "Cerdas Berdigital dan Berbineka”.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana mengatakan, tema tersebut sejalan dengan program yang belum lama ini digulirkan Kemendikbud, yaitu Digitalisasi Sekolah. Sementara tema berbineka dipilih untuk meneguhkan kembali keharmonisan Indonesia di tengah perbedaan suku, bahasa, dan agama. Tema tersebut diterjemahkan dengan memberikan nuansa digital di dalam desain stan Kemendikbud dan penggunaan beragam baju adat oleh para petugas pameran.

Pameran ini diisi oleh para unit utama Kemendikbud, seperti Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud yang menghadirkan duta Rumah Belajar asal Pangkal Pinang, yang menjelaskan tentang Rumah Belajar beserta fitur-fiturnya pada pengunjung pameran. Ada pula Badan Bahasa Kemendikbud yang mengajak pengunjung pameran untuk mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulis. Selain UKBI dari Badan Bahasa, Pusat Pengembangan Film (Pusbangfilm) dan Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia juga mengadakan syuting bersama pengunjung untuk mengulas film Indonesia yang terakhir ditonton. Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud juga ikut serta dan mengadakan siaran radio Itjen di stan Kemendikbud.

Di stan Kemendikbud juga menyuguhkan kuliner nusantara yang dikelola oleh siswa-siswi SMK Negeri 3, Pangkal Pinang. Serta lokakarya membuat wayang suket dan merakit lego bersama teman-teman dari Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud. Tak kalah seru, terdapat pula robot yang dilengkapi oleh Artificial Intelligence (AI) yang dibawa oleh SEAMOLEC.

Pameran SAIK 2019 ini dipenuhi oleh pengunjung yang sangat antusias. Selama tiga hari, pameran ini dikunjungi oleh siswa-siswi, guru, serta keluarga. Pameran SAIK 2019 merupakan bagian dari rangkaian acara Anugerah Media Humas (AMH) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada media humas di Kementerian dan Lembaga pusat maupun daerah, dan akan ditutup dengan acara malam penganugerahan yang dilaksanakan pada 25 Oktober 2019, di Hotel Novotel, Pangkal Pinang. (Intan Indriaswarti)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4420 kali