Kemendikbud Rehabilitasi Kelas Ambruk di SMPN 2 Plumbon Cirebon  11 Oktober 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) segera merehabilitasi kelas ambruk di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon, Cirebon, Jawa Barat. Upaya tersebut dilakukan untuk segera mengembalikan proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

“Kami telah berkoordinasi dengan KemenPUPR untuk melakukan tindakan percepatan (rehabilitasi), karena berada di situasi krusial, yaitu adanya kelas yang ambruk,” terang Direktur Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikdasmen Kemendikbud), Poppy Dewi Puspitawati, saat menghadiri pembukaan Gala Siswa Indonesia, di Stadion Gelanggang Olah Raga (GOR) Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Selasa (08/10/2019).

Direktur Poppy menjelaskan koordinasi terus dilakukan secara intensif, dan Kemendikbud juga menyediakan tim teknis yang fokus dalam penanganan rehabilitasi sekolah di daerah tersebut. “Kami sudah bersurat resmi ke KemenPUPR agar segera melakukan rehab sekolah, dan kami juga buat tim teknis di Subdit Kelembagaan Sarana dan Prasarana yang mengurus proses rehabilitasi sekolah tersebut,” ujarnya.

Tidak lama setelah dua ruang kelas di sekolah tersebut ambruk, pada hari Jumat (4/10), Poppy langsung turun lapangan ke sekolah tersebut dan meninjau bangunan kelas yang ambruk, pada Selasa (01/10/2019). Selain mengunjungi sekolah tersebut, Poppy juga mengunjungi Rumah Sakit Mitra Plumbon untuk melihat kondisi guru dan siswa yang menjadi korban ambruknya bangunan kelas tersebut. “Saat saya berkunjung masih ada sekitar lima siswa dan satu guru yang masih di rawat di sekolah tersebut,” terang Poppy.

Melihat kondisi ruang kelas yang ambruk tersebut, Kemendikbud segera memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan para siswa, dan guru. “Kami tiba di sana langsung meninjau lokasi, dan ruang sekolah lain di sekolah tersebut, bantuan membersihkan puing juga kami lakukan,” jelasnya.

Ditengah peninjauannya, Poppy yang didampingi Kepala Subdit Kelembagaan dan Sarana Prasarana Harnowo dan Kepala Seksi Sarana Prasarana Direktorat Pembinaaan SMP Cepy Lukman, juga melakukan dialog dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), dan para Kepala SMP se-kabupaten Cirebon, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Jakarta, 8 Oktober 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber : SIARAN PERS Nomor: 322/Sipres/A5.3/X/2019

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1778 kali