Maliq & D’Essentials Ramaikan Hari Kedua Pekan Kebudayaan Nasional  09 Oktober 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada 7-13 Oktober 2019 tidak hanya diisi dengan beragam pameran budaya dan kegiatan permainan tradisional. Sederet artis dari penyanyi dangdut ternama hingga grup musik yang tengah eksis di kalangan milenial ikut turut serta, salah satunya Maliq & D’Essentials.

Maliq & D’Essentials tampil sebagai bintang tamu spesial di hari kedua Pekan Kebudayaan Nasional, bertempat di Panggung Siger yang terletak dekat Parkir Area Selatan, Istora Senayan. Grup musik ini tampil menyanyikan belasan lagu di hadapan ratusan pengunjung pada hari kedua PKN, di Selasa sore (8/10/2019. Beberapa lagu hits yang dinyanyikan mereka antara lain Untitled dan Senja Teduh Pelita.

Saat berada di panggung, vokalis Maliq & D’Essentials, Angga Puradiredja, mengajak pengunjung PKN 2019 untuk mengunggah foto keseruan kegiatan PKN di akun media sosial masing-masing dengan tagar #IndonesiaBahagia . Mewakili grup musiknya, Angga juga menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional.

Di Panggung Siger, selain dimeriahkan oleh Maliq & D’Essentials, sebelumnya terdapat penampilan Musik Penyandang Disabilitas Garut, Tari Senantan Ranguh, dan Drama Tari Lintas Negerik. Setelah Maliq & D’Essentials, tampil pertunjukan Main Kim, lalu ditutup dengan Drama Tari Santika Yudha.

Menurut Rania, salah satu pengunjung, PKN merupakan kegiatan yang seru karena menampilkan beragam artis, musisi, seniman, budayawan, dan permainan tradisional. Ia berharap acara ini akan sukses, karena penting untuk pengenalan dan pelestarian budaya seluruh Indonesia.

“Semoga Kemendikbud bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan terus mengadakan acara ini setiap tahunnya, dan semoga bisa diterima di seluruh lapisan masyarakat,” tutur Rania yang datang dari Kota Bogor, Jawa Barat.

Pelaksanaan PKN tidak hanya menghadirkan para artis, musisi, seniman, budayawan, dan permainan tradisional, tetapi juga menjadi ruang interaksi budaya untuk semua kalangan. Ruang yang ramah, baik tempat maupun pertunjukan.

PKN yang berlangsung selama seminggu ini, terbuka untuk umum dan gratis. Masyarakat cukup mendaftarkan diri ke laman pkn.kebudayaan.id untuk mendapatkan tiket masuk. Di laman tersebut juga terdapat jadwal acara selama sepekan agar memudahkan masyarakat untuk berkunjung dan mengikuti acara ini.

Pekan Kebudayaan Nasional yang pertama kali digelar tahun ini mengusung tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia”. PKN merupakan wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.

Panitia telah menyiapkan empat panggung utama yang disiapkan oleh Kemendikbud RI dalam acara tersebut: Panggung Nusantara, Panggung Kaebauk, Panggung Siger, dan Panggung Guyub. Tiap panggung punya agenda seru yang menarik untuk dikunjungi. (Lovinia Cipta Lestari/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2749 kali