Mencicipi Ragam Kuliner Nusantara di Pekan Kebudayaan Nasional  11 Oktober 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Dari berbagai macam pameran dan pergelaran yang ada di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019, Pasar Kuliner Tradisional menjadi salah satu objek yang menarik perhatian pengunjung. Pasar Kuliner Tradisional berlokasi di lantai 2 dom putih di Istora Senayan. Di sini pengunjung dapat melihat langsung pembuatan dan membeli makanan khas daerah tersebut. Karena itulah dinamakan Pasar Tradisional, karena untuk menikmati makanannya, pengunjung harus melakukan transaksi jual beli dengan pedagang.

Di Pasar Tradisional banyak makanan khas nusantara dari berbagai daerah, antara lain Sate Ayam Madura, Ayam Bakar dan Ayam Geprek, Ketoprak, Gado-Gado, Soto Banjar, Mendoan, Nasi Pecel, Martabak, Kerak Telor dan Kue Rangi Khas Betawi, Jamu, Ayam Tangkap Atjeh, dan Empal Gentong. Kisaran harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000/porsi. Dengan kisaran harga yang cukup terjangkau itu, pengunjung dapat menikmati makanan atau kuliner khas nusantara di Pekan Kebudayaan Nasional.

Nasi Pedas Bali Made adalah salah satu stan kuliner yang hadir di Pasar Kuliner Pekan Kebudayaan Nasional. Pemilik Nasi Pedas Bali Made, Jordi, mengungkapkan penyelenggaraan PKN sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan merasakan kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia. "Sangat menarik apabila acara ini rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Mereka yang datang bisa merasakan kuliner tradisional tanpa harus datang langsung ke daerah kuliner itu berasal," ujarnya.

Ia berharap untuk penyelenggaraan selanjutnya, fasilitas yang disediakan bisa menjadi lebih baik. Menurutnya, saat ini tempat yang disediakan oleh penyelenggara kurang luas karena antusiasme masyarakat tinggi. Pengunjung harus bergantian karena tidak bisa berlama-lama makan di tempat yang telah disediakan.

Antusiasme dari pengunjung menjadi semangat bagi para partisipan yang berjualan di Pasar Kuliner Tradisional ini. Beberapa pengunjung yang datang ke Pasar Kuliner Tradisional ini juga berasal dari berbagai daerah hingga luar Jakarta.

Pekan Kebudayaan Nasional dibuka pada Senin, 7 Oktober 2019, di Istora Senayan, Jakarta. Berbagai pameran khas daerah di Indonesia menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang. Mulai dari kerajinan tangan, permainan tradisional, hingga festival makanan tradisional. Pekan Kebudayaan Nasional diselenggarakan hingga 13 Oktober 2019. (Pramundhitya Haeni Putri/ Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2254 kali