Mendikbud Apresiasi Ekspresi Budaya Generasi Milenial di Pekan Kebudayaan Nasional  13 Oktober 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2019 resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu malam (12/10/2019). Mendikbud memberikan apresiasi kepada generasi muda yang berpartisipasi dalam PKN 2019 dan menampilkan ekspresi budaya mereka dengan improvisasi dan kreativitas gaya generasi milenial.

Menurut Mendikbud, ekspresi budaya kaum milenial dalam PKN 2019 menggambarkan perpaduan budaya klasik atau tradisional dengan budaya populer yang berkembang saat ini. Ia melihat penampilan anak-anak muda di PKN 2019 berani melakukan improvisasi dan eksperimen budaya terhadap karya mereka, namun tetap konsisten menggunakan akar budaya yang ada di Indonesia.

"Ini harus kita hargai, patut kita apresiasi mereka. Karena kebudayaan pada dasarnya tidak bersifat statis, tapi dinamis, dan harus bisa merespons perkembangan yang ada. Budaya harus selalu diberi muatan yang baru agar selalu segar dan mengikuti zaman," ujar Mendikbud saat malam penutupan Pekan Kebudayaan Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Ia menuturkan, ekspresi budaya generasi milenial menggambarkan alam pikiran mereka yang disandingkan dengan budaya Indonesia. "Bagaimanapun mereka dengan segala gaya milenialnya, gaya populernya, tapi tetap memiliki prinsip-prinsip nasionalisme yang sangat kuat. Bentuk keberanian mereka dalam melakukan eksperimen-eksperimen, tapi tetap bertolak pada akar budaya kita," tutur Mendikbud.

Malam penutupan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 dimeriahkan dengan penampilan Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez. Kedua kakak beradik itu menampilkan dialog budaya dengan mengangkat isu-isu yang sedang hangat dibicarakan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah bagaimana membuat suatu kegiatan kebudayaan yang menarik bagi kaum milenial sehingga tidak kalah dengan acara lain. Jovial dan Andovi adalah dua pemuda yang berprofesi sebagai Youtuber atau pembuat konten di media sosial. Kakak beradik berdarah Flores dan Manado itu dikenal generasi milenial lewat akun Youtube "skinnyundonesian24" karena kontennya yang kreatif.

Selain penampilan Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez, malam penutupan PKN 2019 juga dimeriahkan dengan pertunjukan drama tari kolosal. Pertunjukan kolosal tersebut merupakan perpaduan antara budaya tradisional dengan budaya modern lewat gerak tari dan lagu. Sebelumnya, pertunjukan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza dan mendengarkan sekilas sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta pesan atau kutipan dari salah satu pendiri bangsa, yaitu Bung Karno. (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1993 kali