Pembentukan Karakter Generasi Milenial Lewat Cerdas Cermat Museum  09 Oktober 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Generasi Milenial merupakan generasi yang lahir tahun 1980-an hingga 2000-an. Generasi ini disebut sebagai generasi perubahan yang akan memiliki dampak besar bagi Indonesia. Karenanya perlu ada pembekalan karakter terhadap mereka, terutama terkait cinta tanah air. Salah satu cara yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Meseum Nasional adalah dengan mengadakan kuis cerdas cermat dengan topik museum dan budaya Indonesia.

"Lomba (cerdas cermat) ini dilaksanakan sebagai dukungan pembelajaran tentang kebudayaan bangsa dan permuseuman sejarah bangsa Indonesia kepada para pelajar, agar mereka menjadi generasi cendikia, berbudaya, dan memiliki karakter yang kuat," tutur Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Fitra Arda (9/10/2019).

Lombanya sendiri mengusung tema "Mewujudkan Generasi Milenial Berbudaya". Hal ini bermaksud untuk meningkatkan gairah generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMP dan sederajat agar lebih tertarik mengunjungi museum, mengenal sejarah bangsanya. Dengan demikian akan tumbuh rasa apresiasi, bangga, dan cinta kepada budaya Indonesia.

Meskipun bertajuk cerdas cermat, dalam lomba ini peserta juga akan mendapatkan kesempatan berwisata di berbagai tempat menarik di Jakarta. "Peserta akan diajak rekreasi ke kawasan Kota Lama dan juga Taman Impian Jaya Ancol,” tutur Kepala Museum Nasional, Siswanto.

Lomba cerdas cermat tahunan ini pertama kali didadakan pada 2015. Untuk tahun, ini dilaksanakan pada 9 - 13 Oktober 2019 dengan diikuti oleh 33 provinsi. (Devy Putri Puspitasari/Aji Shahwin)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3211 kali