Pentingnya Pembaruan dalam Pengembangan dan Pembinaan Layanan Terpadu  14 Oktober 2019  ← Back



Denpasar,  Kemendikbud --- Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ade Erlangga Masdiana menekankan perlunya memperbarui mutu pegawai birokrasi di bidang pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan program prioritas Presiden Joko Widodo untuk memprioritaskan pembangunan SDM.

"Sumber daya kita harus terus diperkuat untuk bisa memberikan layanan profesional," kata Ade saat memberikan arahan kepada 40 peserta Lokakarya (workshop) Layanan Terpadu di kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali, di Denpasar, Jumat (11/10/19).

Peserta yang datang berasal dari perwakilan guru, kepala sekolah, dan operator, baik di sekolah maupun dinas pendidikan. Selain itu hadir pula peserta dari unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud, yaitu Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Arkeologi, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), dan BP PAUD Dikmas.

Ade mencontohkan cara sederhana yang bisa diterapkan dalam memperbarui budaya organisasi. "Senyum, sapa, salam, sopan dan sabar," kata Ade seraya mengajak para peserta untuk membiasakan hal tersebut secara kontinu di lingkungan kerja masing-masing.

Ade juga menyampaikan, pegawai yang diberi amanah untuk melayani publik harus aktif mencari inovasi sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. "Sumber daya kita harus terus diperkuat untuk lebih kreatif. Seseorang yang bekerja di bidang layanan publik harus kreatif mengembangkan dirinya. Terbuka menerima ide baru. Inovatif melakukan perubahan karena kita adalah 'Agent chatalyze of change'," tegasnya. (Denty Anugrahmawaty)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2643 kali