Ungguli Pakistan, Siswa Indonesia Menangkan Kompetisi Mengeja Bahasa Inggris  20 Oktober 2019  ← Back

Kairo, Kemendikbud --- Siswa Indonesia yang bersekolah di Sekolah Indonesia Cairo, Mesir, berpartisipasi dalam kompetisi mengeja bahasa Inggris bertajuk “Spelling Bee Competition”. Siswa Indonesia ini terdiri dari kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) dan bersaing dengan siswa dari Pakistan International School, sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler Cambridge.

Spelling Bee adalah sebuah kompetisi di mana anak-anak diminta untuk mengeja salah satu kata dalam bahasa Inggris. Kompetisi ini dikenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat. Kompetisi Spelling Bee telah diselenggarakan di berbagai belahan dunia. Tepat pada tanggal 15 Oktober 2019, kompetisi ini diselenggarakan di Pakistan International School Cairo.

Para siswa diberi 50 kosakata untuk dihafal. Meskipun Pakistan International School mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama dan siswa Indonesia menganggapnya sebagai bahasa kedua, tetapi tim Indonesia mampu mengalahkan tim lain. Setiap tim terdiri dari tiga siswa. Sekolah dari Indonesia memenangkan posisi berikut:
• 1 siswa dari kelas 4 SD memenangkan posisi pertama
• 2 siswa dari kelas 5 SD memenangkan posisi pertama dan kedua    
• 1 siswa dari kelas 6 SD memenangkan posisi pertama

Di hari berikutnya, Rabu (16/10/2019), sebanyak 5 siswa dari kelas 12 berpartisipasi dalam Debate Competition  dengan Pakistan International School.  Topik dalam kompetisi ini adalah tentang "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan". Para siswa Indonesia mengusung tema "Tanpa Kemiskinan" sebagai tujuan utama untuk menjaga keberlanjutan pembangunan.

Setelah 1 jam 15 menit berdebat, hasilnya diumumkan dan tim dari Indonesia mendapat nilai penuh dan mengalahkan tim dari Pakistan International School. Itu adalah kesempatan besar bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman baru dengan berinteraksi dengan siswa dari kebangsaan yang berbeda.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo mengatakan, kegiatan kompetisi seperti ini penting untuk memperkuat kolaborasi antara Indonesia dengan pihak lain, khususnya dengan Sekolah Internasional Pakistan. Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Indonesia Kairo. “Saya sangat menghargai dan mengucapkan selamat kepada prestasi siswa kami dalam acara ini. Saya bangga dengan kalian semua,” katanya. (Desliana Maulipaksi/Sumber: Atdikbud KBRI Kairo)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 556 kali