Gerakan Makan Ikan di Lembaga PAUD Cegah Stunting pada Anak  21 November 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar kegiatan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD”. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Seluruh Indonesia (HIMPAUDI SI), di PAUD KM 0 Kemendikbud, Jakarta, Kamis pagi (21/11/2019).

Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar. Kegiatan tersebut diisi dengan membacakan buku cerita bertema ikan, yang dibacakan oleh Dirjen Harris Iskandar untuk peserta didik PAUD KM 0 Kemendikbud. Setelah itu anak-anak diajak untuk sarapan bersama dengan menu ikan dan sayur.

Ketua HIMPAUDI SI, Netti Herawati mengatakan, Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” diselenggarakan untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi di usia balita.

“Jadi kita mendorong mereka (anak-anak) makan ikan. Indonesia ini negara yang kaya ikan, tapi di Asia, tingkat konsumsi ikan kita termasuk rendah. Padahal ikan diketahui punya potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” katanya.

HIMPAUDI SI sebagai organisasi profesi yang berkoordinasi dengan Kemendikbud, menggerakkan lembaga PAUD di 34 provinsi untuk menyelenggarakan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD”. Gerakan ini digelar serentak pada 21 November 2019, bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional.

“Kita minta tokoh-tokoh masuk ke lembaga PAUD, misalnya Bunda PAUD Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Kegiatan tidak boleh seremonial dan mengganggu kegiatan di lembaga PAUD. Jadi ada kegiatan membacakan buku oleh pejabat atau tokoh, ada gerak lagu ikan, yaitu lagu Aku Anak Indonesia Suka Makan Ikan,” tutur Netti.

Ia menuturkan, HIMPAUDI mengapresiasi kehadiran Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud dalam Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD”. “Apa yang telah dilakukan Pak Dirjen tidak hanya bermanfaat untuk PAUD KM 0, tapi juga memotivasi PAUD lain di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam pencegahan stunting pada anak usia dini, Kemendikbud melakukan kerja sama lintas lembaga, antara lain dengan HIMPAUDI SI dan Kementerian Kesehatan. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain memberikan edukasi dengan menggelar seminar di lembaga PAUD agar pembiasaan makan ikan disukai anak-anak. Selain itu ada juga dengan peningkatan kompetensi untuk guru PAUD melalui lokakarya tentang materi stunting. (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 9200 kali