Kemendikbud Berikan Penghargaan Anugerah Kihajar Tahun 2019 Kepada 16 Kepala Daerah  15 November 2019  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Sebagai upaya memberikan apresiasi kepada daerah yang memiliki komitmen dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) memberikan penghargaan kepada 16 kepala daerah pada malam Anugerah KIHAJAR, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (14/11).

“Pada malam ini kita bersama-sama menyaksikan Anugerah Kihajar 2019. Kita juga akan memilih para kepala daerah yang sudah punya perhatian luar biasa dalam rangka menyiapkan putra dan putri daerahnya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Didik Suhardi, pada malam Anugerah KIHAJAR tersebut.

Penyelenggaraan Anugerah KIHAJAR tahun ini mengangkat tema Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital. “Dengan tema tersebut, tentu penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dan juga memberi contoh bagi daerah-daerah lain agar teknologi informasi menjadi bagian dari proses pendidikan dan kebudayaan yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kepala daerah yang tahu, peduli, dan mengantisipasi kebutuhan anak-anaknya adalah kepala daerah yang mempersiapkan putra-putrinya sebaik-baiknya, khususnya dalam memasuki era digital,” ujar Didik.

Disamping itu, ia berkeyakinan bahwa generasi muda Indonesia sudah sangat maju dengan teknologi. Oleh karena itu, akan sangat rugi jika Pemerintah dan pemerintah daerah tidak menyiapkan teknologi informasi yang memadai.

Kemendikbud telah menyiapkan aplikasi sumber belajar yakni aplikasi Rumah Belajar versi mobile. Aplikasi yg berisi konten-konten pembelajaran dan aplikasi e-pembelajaran untuk siswa dan pendidik ini akan diluncurkan pada Malam Anugerah KIHAJAR.

“Selain itu, ada TV Edukasi yang tentu akan sangat bermanfaat. Kedua media ini bisa dimanfaatkan di dalam maupun di luar kelas sehingga anak-anak bisa belajar di mana saja. Oleh karena itu, bapak dan ibu kepala daerah, mari kita dorong anak-anak kita untuk menggunakan teknologi informasi dengan bijaksana, bukan hanya untuk bermain _games_melainkan juga untuk proses belajar mereka,” pesan Didik.

Hal senada diutarakan oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Kapustekkom) Kemendikbud, Gogot Suharwoto, mengatakan bahwa pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat tetapi juga membutuhkan partisipasi pemerintah daerah dan dilakukan di semua sektor termasuk pendidikan dan kebudayaan yang merupakan sektor penting dalam pembangunan manusia Indonesia. Partisipasi pemerintah daerah dalam pendayagunaan TIK di sektor pendidikan dan kebudayaan dilakukan dalam kerangka kebijakan, anggaran, program, implementasi dan dampak.

“Selain untuk memberikan apresiasi atas upaya tersebut, penyelenggaraan Anugerah KIHAJAR dimaksudkan untuk memetakan tingkat pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan di daerah sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan,” ujar Gogot.

Tahun ini, Kemendikbud memberikan penghargaan kepada 16 kepala daerah provinsi, kota/kabupaten di Indonesia. Aspek yang dinilai pada penganugerahan ini antara lain kebijakan, tata kelola, praktik baik terkait TIK, manajemen, dan komitmen untuk peningkatan sumber daya manusia, dampak pada guru, siswa dan prestasi sekolah, serta inovasi-inovasi yang dilakukan di daerahnya.

Para kepala daerah penerima Anugerah KIHAJAR ini terbagi atas 3 kategori yaitu utama, madya, dan pertama. Untuk kategori utama diraih oleh: (1). Badingah, Bupati Gunung Kidul; (2). Tri Rismaharini, Walikota Surabaya; dan (3). Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta. Untuk kategori madya diraih oleh: (1). I Nyoman Giri Prasta, Bupati Badung; (2) Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara; (3). Sutiaji, Walikota Malang; (4). Oded M. Danial, Walikota Bandung; (5). Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, dan (6). Hendrar Prihadi, Walikota Semarang.

Selanjutnya untuk kategori pertama diraih oleh: (1). Ismunandar, Bupati Kutai Timur; (2). Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa; (3). Ashari Tambunan, Bupati Deli Serdang; (4). Aminullah Usman, Walikota Banda Aceh; (5). Benhur Tomi Mano, Walikota Jayapura; (6). Nadjmi Adhani, Walikota Banjarbaru; dan (7). Muhammad Thaher Hanubun, Bupati Maluku Tenggara.

Selain penganugerahan penghargaan kepada para kepala daerah, dalam rangkaian kegiatan Anugerah KIHAJAR ini dilaksanakan berbagai perlombaan, seminar, dan pameran terkait dengan TIK. Lomba yang dipertandingkan antara lain Pemilihan Duta Rumah Belajar, Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar), Lomba Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK (MembaTIK), Lomba Aplikasi Mobile Kihajar, Lomba Festival Video Edukasi, Lomba Coding Edusiber, Lomba Program Siaran Radio Pendidikan, Seminar Nasional Rumah Belajar, dan Pameran Layanan TIK.*



Jakarta, 15 November 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Sumber : SIARAN PERS Nomor: 368/Sipres/A5.3/XI/2019

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1809 kali