Kemendikbud Gelar Seminar Nasional Rumah Belajar  13 November 2019  ← Back



Jakarta, Kemendikbud -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) menggelar Seminar Nasional Rumah Belajar di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/11/19). Seminar tersebut mengetengahkan tema "Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital".

Seminar dibuka secara resmi oleh Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto bersama Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis buku Digitalisasi Sekolah dan Karya Tulis Duta Rumah Belajar 2018 oleh Duta Rumah Belajar 2018 terbaik.

Dalam sambutan pembukaan, Syaiful mengatakan, seminar tersebut merupakan ajang diskusi bagi Duta Rumah Belajar untuk menciptakan konten-konten terbaru. Ia menambahkan, tema yang diambil dalam seminar dianggap tepat dengan kondisi saat ini.

"Teknologi merupakan alat penunjang dan tetap dikendalikan oleh manusia, segala perangkat yang ada di dalamnya dalam dapat dimanfaatkan secara optimal," katanya.

Syaiful menjelaskan, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran harus di bawah bimbingan guru-guru. Peserta didik tidak cukup hanya mencari jawaban melalui mesin pencari di internet, sehingga posisi guru tidak dapat digantikan.

"Diharapkan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran Rumah Belajar semakin mempermudah para siswa untuk menuntut ilmu, para siswa dapat memanfaatkan gawainya untuk kegiatan positif untuk meningkatkan prestasi belajar," tutur Syaiful.

Seminar nasional merupakan satu dari tiga kegiatan Kihajar yang digelar tahunan oleh Kemendikbud sebagai upaya untuk menyosialisasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang pendidikan. Seminar diikuti oleh 300 orang, terdiri atas Duta Rumah Belajar terpilih tahun 2017 - 2019 yang berasal dari 34 provinsi. Selain seminar, ada pula kegiatan pameran dan anugerah Kihajar yang ditujukan untuk mengapresiasi kepala daerah yang peduli TIK pendidikan dan duta rumah belajar. (Ryka Hapsari Putri/Lany Fitriana)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5164 kali