Pesan Mendikbud di Hari Sumpah Pemuda  04 November 2019  ← Back




Sumpah Pemuda,

Izinkan saya berbicara langsung kepada  generasi muda negara ini.

Sebagai menteri termuda di kabinet Indonesia Maju, saya berdiri disini mewakili generasi millenial kebawah. Kehadiran saya disini membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya. Kawan-Kawan pemuda, Gerbang kita telah terbuka.

Apakah ada yang mempertanyakan kemampuan saya dengan tanggung jawab sebesar ini? Pasti. Apakah saya bisa memenuhi ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi kepada saya? Waktu lah yang akan menjawab. Tapi pada saat saya diberikan kesempatan dari Pak Presiden untuk membantu generasi berikutnya, saya tidak berpikir dua kali. Saya melangkah kedepan, apapun resikonya.

Kawan kawan pemuda, kita hidup dalam dunia yang bising. Banyak bisikan, banyak godaan, dan banyak pendapat. Di dalam kegaduhan ini, sering sekali suara hati kita terabaikan. Saya yakin pemuda indonesia sadar dihatinya masing masing kemana dia ingin melangkah. Tetapi karena kebisingan tersebut, kita meragukan diri kita. Kita takut dipermalukan, kita takut dimusuhi, kita takut gagal.

Kawan Kawan pemuda, satu satunya kegagalan adalah kalau kita hanya diam di tempat. Dan satu satunya kesuksesan adalah kalau kita terus melangkah kedepan. Kita mungkin tersandung sandung, kita mungkin jatuh, tapi kita tidak akan tiba di tujuan hati kita kalau kita tidak melangkah bersama.

Kawan Kawan pemuda, jangan menunggu dunia berubah. Dunia ini ada di tanganmu. Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah.  

Salam Pemuda!

Mendikbud,
Nadiem Makarim
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 13614 kali