Sekolah Indonesia Makkah Wakili Indonesia di Festival Budaya Antarbangsa  13 November 2019  ← Back



Makkah, Kemendikbud --- Sekolah Indonesia Makkah mewakili Indonesia tampil di Festival Budaya Antarbangsa yang diselenggarakan di Universitas Ummul Qura, Arab Saudi. Universitas Ummul Qura di Makkah, Arab Saudi, menggelar Festival Budaya Antarbangsa untuk pertama kalinya di tahun 2019. Peserta Festival Budaya Antarbangsa tersebut diikuti 24 negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

Festival tersebut dilaksanakan selama empat hari, yakni pada 11 s.d. 14 November 2019, dengan menampilkan budaya, makanan khas, dan keindahan wisata masing-masing negara yang berpartisipasi pada festival ini.

Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, mengaku sangat terkesan atas berlangsungnya festival budaya ini karena dihadiri banyak pengunjung. KJRI Jeddah pun mendukung penuh pelaksanaan acara festival budaya.

"Mengingat ini merupakan festival yang baru pertama kali dan pengunjungnya cukup banyak, saya sangat terkesan. Dan tentu saja KJRI akan membantu penuh untuk kesuksesan acara ini khususnya partisipasi Indonesia di acara Mahrajan ini," tutur Hery.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Achmad Ubaedillah mengharapkan siswa utusan Sekolah Indonesia Makkah dapat memanfaatkan momentum festival ini karena momentum ini merupakan pengalaman yang sangat berharga akan tetapi tidak lupa dengan kewajiban utama seorang pelajar yakni menuntut ilmu (belajar).

"Ini adalah momentum yang bagus, Anda tidak hanya belajar, dan ini adalah pengalaman yang sangat berharga. Dan tentu jangan lupa bahwa kewajiban utama Anda adalah belajar. Ini adalah bagian daripada ekstrakurikuler yang harus Anda manfaatkan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang Anda miliki," kata Achmad Ubaedillah.

Bapak Yasir Al-Hazimi selaku Ketua Penyelenggara Festival Budaya Antarbangsa di Universitas Ummul Qura mengaku sangat bangga atas partisipasi Indonesia di Festival Budaya dan berharap atas kehadiran Indonesia kali ini akan membawa kesuksesan Acara Festival Budaya Antarbangsa di Universitas Ummul Qura.

"Hari ini kami merasa terhormat memiliki pertunjukan Indonesia dan stan Indonesia yang menunjukkan budaya Indonesia. Dan kami berharap ini akan menjadi acara yang sukses," ucap Yasir.

Beberapa unsur lembaga pendidikan Indonesia di Makkah yang berpartisipasi dalam festibal ini antara lain perwakilan Mahasiswa PPMI Arab Saudi, perwakilan mahasiswa yang sedang magang di Kemendikbud di Makkah, perwakilan guru Sekolah Indonesia Makkah serta utusan siswa Sekolah Indonesia Makkah.

Acara ini diharapkan dapat terus berjalan dengan baik dan diselenggarakan kembali di tahun-tahun berikutnya agar dapat terus memperkenal budaya Indonesia di tingkat internasional serta mendapatkan dukungan dari seluruh pihak. (Desliana Maulipaksi)
Sumber : Tim Media Sekolah Indonesia Makkah

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3721 kali