Pendaftaran Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Dibuka  18 Februari 2020  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran bagi pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Peserta dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 14 Februari 2020 hingga 10 Maret 2020. Pendaftaran dibuka bagi calon pengajar BIPA untuk luar negeri dengan masa tugas 2021.

Sebelum mendaftar, calon pengajar BIPA harus memenuhi beberapa persyaratan umum, antara lain berkewarganegaraan Indonesia, berusia 24-50 tahun pada 1 April 2020, berpendidikan sekurang-kurangnya S1, dan memiliki keterampilan dalam kesenian tradisional dan/atau kontemporer Indonesia. Pendaftar juga harus mahir berbahasa asing tertentu sesuai dengan kebutuhan di negara sasaran.

Selain memenuhi persyaratan umum, pelamar wajib memenuhi persyaratan khusus sesuai dengan pilihan negara sasaran. Setiap pelamar dapat mencantumkan maksimal tiga pilihan negara sasaran dengan mempertimbangkan persyaratan khusus dari negara sasaran. Terdapat 23 negara pilihan dengan persyaratan khusus masing-masing negara. Negara-negara tersebut antara lain Inggris, Rusia, Jerman, Amerika Serikat, Mesir, Uni Emirat Arab, Filipina, dan Thailand.

Pendaftar BIPA untuk masa tugas 2021 dapat mengisi formulir di tautan http://bit.ly/seleksibipa2021. Berkas pendaftaran dimuat dalam satu folder ZIP dan dikirim ke pos-el pendaftaran, yaitu bipa@kemdikbud.go.id dan ditembuskan ke seleksibipa2021@gmail.com.

Selanjutnya seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 11-15 Maret 2020. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan diinfokan melalui pos-el pelamar pada 26-31 Maret 2020 untuk kemudian diundang dalam tahap seleksi potensi. Tahapan seleksi potensi diselenggarakan pada April 2020 bertempat di Bogor, Jawa Barat, dan Denpasar, Bali. Tahapan seleksi potensi meliputi tes psikologi; penilaian praktik mengajar; wawancara dan penampilan keterampilan seni dan kemahiran berbahasa asing. Peserta lolos tehapan seleksi diumumkan melalui pos-el peserta untuk mengikuti pembakalan calon tenaga pengajar BIPA.

BIPA merupakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing baik dalam berbicara, menulis, membaca, maupun mendengarkan. Pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing penting dalam meningkatkan kiprah eksistensi bahasa Indonesia di dunia internasional. Hingga saat ini terdapat 420 lembaga pengajar BIPA yang tersebar di 29 negara, di mana Australia merupakan negara dengan lembaga pengajaran BIPA terbanyak.

Informasi lebih detail mengenai pendaftaran calon tenaga pengajar BIPA untuk masa tugas 2021 dapat dilihat di tautan berikut: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/seleksi-calon-tenaga-pengajar-bipa-untuk-luar-negeri-dengan-masa-tahun-tugas-2021. (Nur Yulita Ardadi/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 17690 kali