Pendidikan Vokasi di PNJ Diharapkan Bisa Terapkan “Kampus Merdeka”  27 Februari 2020  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud), Ainun Na’im resmi melantik Zainal Nur Arifin sebagai Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) periode 2020-2024.  Dalam sambutannya, Sesjen Kemendikbud berharap PNJ dapat menerapkan berbagai pendekatan baru dalam melaksanakan pendidikan, seperti kebijakan Merdeka Belajar di jenjang perguruan tinggi, yang disebut dengan “Kampus Merdeka”.

Menurutnya, konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dapat diterapkan untuk menjadikan lulusan Politeknik Negeri Jakarta semakin kompeten di bidangnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam sambutannya, Sesjen juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Abdillah selaku Direktur Politeknik Negeri Jakarta periode 2016-2020, Abdillah. “Kami percaya bahwa Bapak masih mengabdi pada Politeknik Negeri Jakarta dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pendidik,” ujar Ainun dalam acara pelantikan pejabat Kemendikbud di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Zainal Nur Arifin sempat mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 1985. Pendidikannya berlanjut di Ingenieurschule Interkantonales Technikum, Swiss, pada 1988. Kamudian pada tahun 2000, Zainal kembali mengenyam pendidikan di Indonesia, tepatnya di Universitas Indonesia, dan memperoleh gelar doktor di Technische Fachhochschule Berlin pada tahun 2015.

Selain melantik Direktur PNJ, Sesjen Kemendikbud juga melantik pejabat eselon 2 di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Mereka yang dilantik adalah adalah Santi Ambarrukmi sebagai Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Praptono sebagai Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Sementara itu, di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dasmen), Sutanto dilantik sebagai Sekretaris Ditjen PAUD Dasmen, Muhammad Hasbi dilantik sebagai Direktur Pembinaan PAUD, dan Purwadi Sutanto dilantik sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Sesjen Kemendikbud melantik Paristiyanti Nurwardani sebagai Sekretaris Ditjen Dikti, Aris Junaidi sebagai Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ridwan sebagai Direktur Kelembagaan, dan Mohammad Sofwan Effendi sebagai Direktur Sumber Daya.
Kemudian, di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sesjen melantik M. Bakrun sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam kesempatan yang sama, Sesjen juga melantik 632 pejabat fungsional tertentu di lingkungan Kemendikbud. (Nur Yulita Ardadi/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2418 kali