Indonesian Art Gallery 2020: Gelaran Pameran Lukisan di Museum Nasional  09 Maret 2020  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA) menyelenggarakan pameran lukisan Indonesian Art Gallery 2020 di Museum Nasional Republik Indonesia dengan tema “Gelar Karya Lukisan Indonesia”. Pagelaran pameran lukisan yang ditampilkan merupakan hasil-hasil karya dari 21 maestro pelukis nasional yang digelar dari tanggal 6 hingga 19 Maret 2020.

Pada pembukaan pameran, Jumat (6/3/2020), Kepala Museum Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Siswanto mengatakan, penyelenggaraan acara tersebut merupakan  upaya untuk menjalankan amanah dari Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang berisi bahwa keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia.

“Budaya Indonesia keseniannya sangat luar biasa. Dari masa ke masa bisa kita lihat dan juga bisa kita ingat-ingat kepiawaian para pelukis atau seniman-seniman Indonesia. Kita juga punya ratusan, ribuan, juga koleksi-kolesi para maestro yang luar biasa dan kesempatan ini kita berharap tumbuh maestro-maestro baru yang akan datang,” ucap Siswanto.

Sementara itu, ketua penyelenggara Indonesian Art Festival, Arya Simbaru, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak museum atas terselenggaranya acara pameran di Museum Nasional RI dan menjelaskan maksud dari penyelenggaraan Indonesian Art Gallery 2020.

“Kenapa event ini kita bentuk? tujuannya itu untuk mengakomodir teman-teman pelukis daerah untuk tampil di Jakarta. Salah satunya untuk silaturahim dan memajukan seni rupa Indonesia serta kedepannya bisa go internasional dan kita berharap untuk lebih baik lagi”, tutur Arya.

Budayawan dan pecinta seni dari kesultanan Sumatra Barat, Sultan H. Indra Azhir Osman, yang didaulat untuk membuka pameran menyampaikan rasa bahagianya karena dapat berpartisipasi dalam pameran yang diprakasai oleh Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA).

“Semoga event ini bisa dapat berkesinambungan dalam upaya kita bersama para seniman-seniwati Indonesia untuk mengangkat marwah seni lukisan Indonesia yang begitu baik, baik dalam obyek alam, adat istiadat, tradisi, kultur, serta kehidupan sosial yang kita goreskan di suatu kanvas,” ungkap Indra.

Baik dari segi lukisan, kebudayan, atau perfilman tentang Indonesia, kata Indra, mendapat dukungan yang lebih dari pemerintah. Ia berharap, pemerintah bersama pelibatan publik menjaga nilai-nilai kebudayaan serta melestarikan budaya peninggalan nenek moyang.

“Besar harapan kami melalui pameran ini dapat menginspirasi para pelukis-pelukis muda ndonesia untuk bisa lebih berperan dengan menitikberatkan adat budaya dan alam Indonesia yang demikian besar yang bisa diperkenalkan kepada  dunia,” pungkas Indra.







Jakarta, 7 Maret 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman : www.kemdikbud.go.id
Sumber : SIARAN PERS Nomor : 45 /Sipres/A6/III/2020

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2967 kali