Hikmah Covid-19, Pemanfaatan Teknologi Jadi Lebih Luas  14 Agustus 2020  ← Back

Jakarta, Kemendikbud— Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, pandemi Covid-19 memaksa seluruh lini kehidupan bertransformasi dengan sangat cepat, termasuk di dunia pendidikan tinggi. Tak kurang dari 4.700 perguruan tinggi dan lebih dari 300.000 dosen mendadak melakukan pembelajaran secara dalam jaringan (daring).
 
“Saya mengapresiasi upaya dan kerja keras para dosen untuk tetap menyelenggarakan pembelajaran bagi para mahasiswa di masa yang sulit. Ini adalah bentuk optimisme bahwa kita sebetulnya mampu memanfaatkan teknologi secara cepat,” tuturnya saat membuka  Pameran Virtual dan Webinar Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) dalam rangka Peringatan 25 Tahun Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas), di Jakarta, Senin (10/8/2020).
 
Mendikbud berharap semangat ini dapat dipertahankan dan menjadi batu loncatan untuk transformasi berikutnya. Tantangan bagi dosen dan mahasiswa ke depan adalah bagaimana kita bisa bangkit untuk melakukan lompatan-lompatan teknologi. Hal ini untuk menjaga dan menjadikan pandemi sebagai peluang untuk memulihkan kondisi ekonomi masyarakat.
 
“Saya percaya melalui konsep Kampus Merdeka, dunia usaha dan dunia industri dapat bersinergi dengan mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan potensinya secara maksimal,” tekan Nadiem.
 
Di akhir sambutannya, Mendikbud berharap FDTI dapat mewujudkan Kampus Merdeka yang menghasilkan generasi unggul, serta bersinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam membangun perekonomian bangsa yang lebih kuat.
 
“Apabila kampus terus bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat, maka akselerasi kemajuan bangsa akan terwujud,” pungkasnya. 
 
Dalam rangka hari kebangkitan teknologi nasional ke-25 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan Pameran Virtual dan Webinar.
 
Sebanyak 34 perguruan tinggi se-Indonesia akan mengikuti pameran teknologi virtual, pada hari Senin, 10 Agustus 2020. Pameran teknologi virtual ini merupakan yang pertama diadakan menggunakan aplikasi virtual. Salah satu agenda utama Hakteknas yang bertema “Inovasi Indonesia sebagai Solusi” ini adalah pameran teknologi virtual yang menampilkan inovasi karya teknologi dalam manajemen penanganan COVID-19.
 
Acara ini dilakukan dengan menggelar webinar dan pameran virtual karya dosen dan mahasiswa FDTI dari berbagai Fakultas Teknik di Indonesia. Dalam pameran virtual yang digelar oleh para dekan Fakultas Teknik, pengunjung dapat melihat karya berupa robot kesehatan, ventilator, sistem cerdas, dan berbagai penemuan lainnya. Beberapa produk tersebut dikerjasamakan dengan industri dan sudah mulai diproduksi secara massal serta digunakan di Rumah Sakit untuk menangani pasien.
 
Turut hadir dalam acara ini, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Brojonegoro serta para dekan dan civitas akademika yang tergabung dalam Forum Dekan Teknik Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional! Maju terus teknologi karya anak bangsa! (Denty A./Aline)
 
Berikut daftar universitas peserta pameran:
1.            Universitas Riau
2.            Universitas Hassanuddin
3.            Universitas Indonesia
4.            Universitas Gajah Mada
5.            Universitas Udayana
6.            Institut Teknologi Sepuluh November
7.            Universitas Mercu Buana
8.            Institut Teknologi Bandung (FTI)
9.            Universitas Tirtayasa
10.          Universitas Balikpapan
11.          Universitas Sam Ratulangi
12.          Universitas Teuku Umar
13.          Universitas Jember
14.          Universitas Muhammadiyah Magelang
15.          Universitas Muhammadiyah Purwekerto
16.          Universitas Bung Hatta
17.          Universitas Ahmad Dahlan
18.          Universitas Muslim Indonesia (FTI)
19.          Universitas Aisyiyah Yogyakarta
20.          Universitas Sumatera Utara
21.          Institut Teknologi Bandung (FTMD)
22.          Universitas Mulawarman
23.          Universitas Padjadjaran
24.          Universitas Tanjungpura
25.          Universitas Negeri Surabaya
26.          Institut Teknologi Bandung (UNPAD-YPM SALMAN)
27.          IT Telkom Surabaya
28.          Universitas Kadiri
29.          Universitas Persada Nusantara
30.          Universitas Trisakti
31.          UNS
32.          Universitas Negeri Yogyakarta
33.          Universitas Andalas
34.          Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1878 kali