KBRI New Delhi Gelar Upacara HUT ke-75 RI dengan Formasi Terbatas  18 Agustus 2020  ← Back



New Delhi, Kemendikbud --- Terapkan protokol pencegahan Covid-19, KBRI New Delhi melaksakan kegiatan upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan jumlah peserta terbatas. Upacara hanya dihadiri oleh beberapa unsur pejabat dan staf. Kegiatan upacara juga tidak melibatkan komunitas pelajar Indonesia, masyarakat, maupun sahabat Indonesia lainnya di New Delhi, seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 yang angka penyebarannya tinggi di New Delhi, India.

Meski dilaksanakan dengan terbatas, prosesi upacara ditayangkan secara langsung untuk bisa disaksikan oleh WNI yang berada di wilayah lain di India agar bisa ikut merasakan suasana khidmat peringatan HUT RI di KBRI.

Upacara yang dimulai pukul 07.45 waktu New Delhi diwarnai rasa haru yang mendalam saat pasukan pengibar bendera mulai mengibarkan bendera Merah Putih ke atas langit Hindustan, disambut dengan tanda hormat oleh peserta upacara sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, di mana pasukan pengibar bendera  (paskibra) berformasi lengkap, tahun ini hanya empat orang yang diamanahkan sebagai paskibra. Mereka adalah Ahmad Syarifuddin (Banten), Baitul Ilmi (Lampung), Addarsyah Dia Putra, dan Muhammad Said Abdul Wahid (Medan). Mereka merupakan mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan tinggi di Aligarh Muslim University (AMU), Uttar Pradesh.

Duta Besar RI untuk India dan Kerajaan Bhutan, Arto Suryodipuro, hadir sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya ia menyerukan kepada semua elemen WNI yang ada di India untuk memaknai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dengan terus berkarya secara inovatif dan kreatif sesuai tuntutan kemajuan global.

“Meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tidak berarti menurunkan etos kerja dan dedikasi. Justru harus lebih ditingkatkan lagi karena tantangan dan ujian ke depan menjadi semakin besar,” katanya.

Ia menuturkan, dalam memperingati 75 tahun Kemerdekaan Indonesia, kita tidak hanya merayakan perjalanan republik kita yang sudah berusia tiga  perempat abad, namun juga harus menunjukkan optimisme terhadap masa depan Negara dan Bangsa Indonesia.

Arto juga menyinggung pentingnya mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dan program peningkatan imunitas bagi para jajaran staf KBRI New Delhi.

“Kita harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara serius, termasuk tingkatkan imunitas tubuh melalui berbagai program kesehatan. Dengan demikian, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi orang lain,” ujarnya.

Duta Besar RI untuk India dan Kerajaan Bhutan itu juga menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada Annisa Amrih Sophiany sebagai tanda bakti pengabdian selama 10 tahun.
Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas anugerah kemerdekaan RI dan berbagai kemajuan di berbagai bidang yang sudah dicapai hingga saat ini.

Kegiatan semarak HUT ke-75 RI di New Delhi telah dilaksanakan sebulan menjelang 17 Agustus 2020. Kegiatan diisi dengan senam rutin sebanyak tiga kali dalam sepekan dan melibatkan seluruh keluarga besar KBRI New Delhi. Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tetap bugar dan mencegah tertular dari Covid-19. (Atdikbud New Delhi/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 390 kali