Kemendikbud Umumkan Pemenang Lomba Blog dan Vlog Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19  28 September 2020  ← Back

Jakarta, Kemendikbud – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mengumumkan pemenang lomba blog dan vlog yang digelar dalam rangkaian seri webinar dengan tema Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Sebanyak 1332 karya yang dikirimkan peserta mulai tanggal 30 Agustus s.d. 17 September 2020 dikurasi dan dinilai sehingga terpilihlah enam pemenang dari masing-masing kategori peserta.

Kepala Puspeka, Hendarman, mengatakan bahwa lomba ini menjadi wadah penyaluran kreativitas dan sebagai wadah ekspresi bagi generasi milenial dan generasi Z dalam sebuah ajang kompetisi menulis serta video. "Harapannya semua tripusat pendidikan yang mengikuti kegiatan ini dapat menyalurkan bakatnya dan menjawab kebutuhan kita akan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama membangun karakter Profil Pancasila," kata Hendarman saat mengumumkan lomba dalam webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, di Jakarta, pada Sabtu (26/09/2020).

Sejalan dengan Hendarman, salah satu juri, Mira Sahid berharap, dengan adanya lomba ini kaum milenial dan generasi Z dapat terus berkarya, menanamkan budaya literasi di lingkungannya, dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa. “Lomba ini sangat baik sekali dalam mempertahankan budaya literasi di kalangan millenial. Tak hanya mendapatkan pengetahuan saat mengikuti sesi webinar, para peserta pun berpartisipasi dalam penyebaran informasi sekaligus sebagai agent of change di dunia literasi dalam produksi konten,” pesannya.

Dikatakan juri lainnya, Wahyu Aditya, ada pesan kolaborasi, dan semangat belajar yang disampaikan melalui lomba ini. “Kesederhanaan namun tetap maksimal dalam produksi video menjadi penyemangat bahwa siapapun juga bisa membuat vlog yang menginspirasi,” ujarnya.

Enam pemenang dari setiap kategori akan mendapatkan hadiah gawai dan hadiah menarik untuk 20 terbaik pada masing-masing kategori. Para pemenang terpilih berdasarkan hasil penilaian tim juri yang merupakan gabungan dari para praktisi, ahli, dan juga dari internal Kemendikbud, diantaranya pendiri Hello Motion Academy, Wahyu Aditya; pendiri laman emak2blogger.com dan Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Mira Sahid; Jurnalis, Sarie Febriane; dan Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Anita Wahid.

Berikut adalah daftar pemenang lomba blog kategori SMP dan sederajat, di antaranya Karang Jimbaran dari D.I. Yogyakarta, Wafiyati Nida Imani dari Jawa Barat, Tiwi Mustika Dewi dari Lampung, Nailah Aieola Nabihah dari Jawa Tengah, Sabriza Rosia Fatiha dari Jawa Barat, dan Elda Arlaynika dari Lampung. Pemenang blog kategori SMA dan sederajat adalah Adelia Margareta dari Kalimantan Timur, Aldi Firmansyah dari Jawa Timur, Muhammad Nur Ardi Handayat dari Riau, Yusholi Qoirunnisa dari Jawa Tengah, Nanda Triaini dari Jawa Timur, dan Nasywa Feby Aulia dari Jawa Timur.

Selanjutnya, pemenang blog kategori pendidik adalah Wardi dari Kalimantan Utara, Leni Lesnawati dari Jawa Barat, Popi Wahyuni dari Sumatera Utara, Novianti Islahiah dari Sumatera Selatan, Heni Purwono dari Jawa Tengah, dan Ahmad Ridlo Fadlli Robbi dari Jawa Tengah. Berikutnya, pemenang blog kategori umum yaitu Illian Deta Arta Sari dari DKI Jakarta, Laila Sari dari Sumatera Utara, Melati Dwi Anda Syahputri dari Lampung, Tri Mardhika Agustina Mulyanti dari D.I. Yogyakarta, Febryan Ariefandi dari Jawa Tengah, dan Rizky Adinda Azizah dari Jawa Timur.

Sementara itu, pemenang lomba vlog kategori SMP dan sederajat adalah Naura Athaya Sharif dari Jawa Timur, Tim SMP N 1 Jetis Bantul dari D.I. Yogyakarta, Jihan Karamina Arwanigara dari Jawa Tengah, Athiarahima Muthmainnah dari Jawa Timur, Haykal Raihan Alvidi dari Jawa Barat, dan Tim SMP N 1 Sukoharjo dari Jawa Tengah. Pemenang vlog kategori SMA dan sederajat, yaitu Theosebeia Natanael Elim dari Kalimantan Timur, Ahmad Tanhar Amru dari Sulawesi Selatan, Larasati Puspita Sumantri dan Savina Anindyta Halimah dari DKI Jakarta, Dinda Hersya Tabita dari Jawa Barat, Ni Made Puspaningsih dari Bali, dan Isroq Adi Subakti dari Sumatera Utara.

Untuk pemenang vlog kategori pendidik yaitu Surya Arif Kartono dari Jawa Timur, Fifti Imro'atur Rosyidah dari Jawa Timur, Yusuf Maulana Aripin dari Jawa Barat, Jainuri dari Sumatera Selatan, Elveria Novi Situmorang dari Kalimantan Barat, dan Meila Rosianika dari Jambi. Pemenang vlog kategori umum yaitu Novita Ardyanti dari Jawa Timur, Ahmad Rony Anwari Anggoro dari Jawa Barat, Mustaqim dari DKI Jakarta, St Nurhazana S dari Sulawesi Selatan, Dina Damayanti dari Kalimantan Selatan, dan Heny Retnowati dari Riau.

Jakarta, 27 September 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman : www.kemdikbud.go.id

Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 276/sipres/A6/IX/2020

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2016 kali