Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 Selesai, Apresiasi Diberikan Pada Seluruh Peserta  14 September 2020  ← Back



Jakarta, Kemendikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) memfasilitasi usaha-usaha menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ketiga kecerdasan tersebut dengan menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional 2020. Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Ainun Na`im menyampaikan apresiasi kepada para peserta Pilmapres yang ikut berkompetisi di ajang tersebut karena telah menunjukkan keunggulan mentalnya terutama dalam menghadapi dinamika global yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19.
 
“Saya ucapkan selamat kepada pemenang, dan bagi yang belum berhasil, tetap semangat karena kejuaraan dan kesuksesan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja,” ucap Ainun Na`im dalam sambutannya pada Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 2020 yang berlangsung secara dalam jaringan (daring) di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).
 
Na’im mengatakan, sumber daya manusia yang ideal adalah insan yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Untuk itu, ia juga menyampaikan apreasisinya untuk Puspresnas selaku penyelenggara serta seluruh pihak yang terlibat karena berhasil menciptakan kolaborasi yang baik untuk menyukseskan kegiatan ini.
 
“Kami mengapresiasi berbagai inovasi yang ditunjukkan tidak hanya dari para mahasiswa, namun juga inovasi yang dibuat oleh panitia dan dewan juri yang dapat melaksanakan kegiatan meski dalam situasi pandemi,” ucapnya. 
 
Ainun berharap, mahasiswa dapat menjaga konsistensi, semangat dan istiqomah untuk menekuni minatnya. “Sehingga apa yang diraih dalam acara ini dapat direalisasikan lebih lanjut dalam studi dan karir di masyarakat serta mendukung dan menyejahterakan Indonesia,” katanya. 
 
Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi selaku ketua panitia menyampaikan, salah satu bentuk inovasi dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini berupa optimalisasi penggunaan teknologi informasi dalam menjaring dan menyaring mahasiswa yang berprestasi unggul, dengan azas kesetaraan mutu PTN dan PTS, serta keterwakilan dalam wilayah untuk mahasiswa dari program sarjana dan program diploma.
 
“Seluruh rangkaian tahapan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 telah terlaksana dengan baik dan lancar walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Pilmapres 2020 merupakan wujud dari adaptasi kebiasaan berprestasi baru yang diliputi semangat pantang menyerah, tetap berprestasi dari rumah, dari mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tangguh,” tuturnya.
 
Asep menyebutkan, tahapan penyelenggaraan Pilmapres Tahun 2020. Tahap I diikuti oleh 646 peserta yang terdiri atas 443 mahasiswa Program Sarjana (S1) dan 202 mahasiswa Program Diploma. Tahap II diikuti oleh 238 peserta yang terdiri dari 174 peserta dari jenjang sarjana dan 64 peserta dari jenjang diploma. Babak Final (Tingkat Nasional) diikuti finalis sebanyak 41 peserta yang terdiri atas 21 finalis Program Sarjana dan 20 finalis Program Diploma. (Denty A./Aline R.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2849 kali