Tingkatkan Daya Saing Gen Kihajar, Kemendikbud Selenggarakan Kihajar Stem Advanced  07 September 2020  ← Back

Depok, Kemendikbud --- Di era persaingan global, sumber daya manusia yang unggul menjadi hal yang mutlak untuk dimiliki oleh suatu negara. Beragam cara dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendorong penguasaan teknologi informasi pada generasi muda. Salah satunya melalui Kihajar Stem Advanced.   

Kihajar Stem Advanced merupakan kelanjutan dari tahap pelaksanaan Kihajar Stem bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. Meski di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaan Kihajar Stem yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) merupakan wujud transformasi dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi digital saat ini.

“Melalui pendekatan materi Sciences, Technology, Engineering, Mathematics merupakan wujud peningkatan daya saing Gen Kihajar di tingkat global, meningkatkan literasi teknologi dan literasi digital,” kata Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie di Depok, Minggu (6/9/2020).

Gen Kihajar yang berhak mengikuti tahap ini adalah yang telah melewati verifikasi tahap kedua dari pelaksanaaan Kihajar Stem Intermediate yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2020 lalu.

“Teknis pelaksanaan, materi soal dan prinsip penilaian pada pelaksanaan Kihajar Stem Advanced didesain khusus menuju implementasi wujud dari Pelajar Pancasila,” imbuhnya.

Kihajar Stem Advanced diikuti sebanyak 3940 peserta didik dari seluruh jenjang pendidikan, dengan rincian untuk jenjang SD/MI sebanyak 1980 siswa, SMP/MTS 1209 siswa, SMA/MA 641 siswa dan SMK/MAK sebanyak 110 siswa. Para peserta berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Tujuan pelaksanaan Kihajar Stem Advanced yaitu sebagai seleksi tahap ketiga dalam rangkaian pelaksanaan Kihajar Stem, dengan ketentuan nilai batas ambang kelulusan berada pada akurasi 80%. “Hal ini dilakukan karena Kihajar Stem ingin mendapatkan peserta terbaik dari yang terbaik untuk melangkah tahap selanjutnya,” disampaikan Hasan Chabibie.

Selain melalui penilaian dengan tingkat akurasi 80%, penilaian Kihajar Stem Advanced memiliki indikator lain yaitu skoring mengikuti ketentuan QUIZIZZ dan kuota panitia yang akan maju ke tahapan selanjutnya.

Gen Kihajar akan mengerjakan soal sebanyak 20 soal dengan materi yang terdiri dari Sciences, Technology, Engineering, dan Mathematics. Gen Kihajar menggunakan aplikasi QUIZIZZ untuk mengerjakan soal ini dengan durasi waktu selama 90 Menit. Setiap soalnya memiliki durasi waktu pengerjaan yang berbeda-beda satu dengan yang lain, tergantung dari tingkat kesulitan soal.

Terkait dengan prinsip penilaian, pelaksanaan Kihajar Stem memiliki prinsip. 1). Transparan yaitu setiap proses penilaian dilakukan oleh tim juri professional dan dengan pengawasan internal sesuai dengan kaidah dan standar yang berlaku, 2). Akuntabel yaitu setiap tahapan dilakukan secara terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, 3). Kehati-hatian yaitu setiap proses penilaian dilakukan verifikasi dan validasi, 4). Tanggung jawab yaitu panitia akan mempertanggungjawabkan setiap proses dan hasil yang telah ditetapkan.

Untuk tahapan penilaian, panitia akan melakukan tujuh tahapan dalam penilaian untuk sampai pada penetapan Gen Kihajar yang maju ke tahap selanjutnya. Adapun penetapan kelulusan mencakup pengumpulan data, pengolahan data tahap 1, verifikasi data tahap 1, pengolahan data 2, verifikasi data tahap 2, pengolahan data 3, dan verifikasi data tahap 3.

Gen Kihajar Cerminan Pelajar Pancasila

SDM unggul sebagaimana Profil Pelajar Pancasila tidak cukup hanya menguasai teknologi. Mereka juga harus mencerminkan karakter nasionalime yang kuat. “Kami berharap 3.940 Gen Kihajar yang lahir melalui program Kihajar Stem Advanced mampu mencerminkan melahirkan Pelajar Pancasila yang kompeten dan unggul untuk memajukan Indonesia.

Kihajar Stem Advanced dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran. Melalui pelaksanaan Kihajar Stem akan menciptakan Gen Kihajar yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong-royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila.

Proses pelaksanaan Kihajar Stem Intermediate ini juga disiarkan secara langsung melalui siaran TV Edukasi, Radio Suara Edukasi serta juga di kanal YouTube Televisi Edukasi, Rumah Belajar, Facebook Live, TV Edukasi Kemdikbud, Instagram tvedukasi_kemdikbud. Acara ini diselenggarakan dalam bentuk dialog khusus melibatkan Praktisi STEM Nur Fitriana, Gen Kihajar tahun 2019, dan Kihajar Explorer interaktif serta menyediakan hadiah menarik.







Jakarta, 7 September 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 245/sipres/A6/IX/2020

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 417 kali