Bangun Karakter Bangsa, Kemendikbud Gelar Wisata Virtual Perjuangan Kemerdekaan  24 Oktober 2020  ← Back



Jakarta,Kemendikbud – Upaya membangun karakter generasi muda menjadi salah satunya agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92. Tema yang diangkat Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertajuk ‘Tapak Tilas Virtual Pergerakan Pemuda Meraih Indonesia Merdeka’.
 
“Diharapkan dengan mengajak generasi muda untuk lebih mengenal perjuangan para pahlawan kemerdekaan, maka dapat menguatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, sadar berbangsa dan bernegara serta semakin paham pentingnya gotong royong,” dikatakan Hendarman di Jakarta, Jumat (23/10).
 
Diikuti oleh 4.000 peserta didik dari jenjang SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB atau SMK/SMKLB, dan Perguruan Tinggi,  kegiatan ini akan dilakukan secara virtual pada tanggal 31 Oktober 2020, pukul 09.00-12.00 WIB. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 Oktober 2020.
 
Mengusung tema, “Pemuda Hebat, Pemuda Berkarakter” peringatan Sumpah Pemuda tahun ini menyiratkan harapan agar pemuda Indonesia dapat berbuat lebih baik demi kemajuan negara sesuai dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila.
 
Sebagai upaya untuk mengingatkan kembali sejarah pergerakan kemerdekaan para pemuda pejuang kemerdekaan, peserta akan diajak melakukan wisata virtual ke beberapa museum dipandu oleh edukator masing-masing. Adapun museum yang akan dikunjungi secara virtual di antaranya adalah Museum Sumpah Pemuda yang akan dipandu oleh Dwi Nurdadi, Museum Kebangkitan Nasional dengan pemandu Swa Adinegoro, serta Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang akan dipandu oleh Ari Suyatno.
 
Sebelum melakukan wisata virtual ke museum, peserta lebih dulu berdiskusi dengan beberapa narasumber yang inspiratif yaitu  Asep Kambali  (Sejarawan dan Pendiri Komunitas Historia Indonesia), Dr. Maryanto (Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara), Aries Susanti Rahayu (Atlet Panjat Tebing Indonesia), serta Rafi dan Rara Sudirman (Siswa Berbakat dan Berprestasi). Pada sesi ini, acara akan dipandu oleh Kresna Julio.
 
Selain mengikuti rangkaian kegiatan, peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik selama acara berlangsung. Peserta akan diminta membuat proyek akhir berdasarkan refleksi dari kegiatan yang telah diikuti. Bagi 5 (lima) peserta terbaik dalam setiap kategori proyek akhir berdasarkan jenjang Pendidikan, akan mendapatkan hadiah menarik. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman: cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id.
 
‘Tapak Tilas Virtual Pergerakan Pemuda Meraih Indonesia Merdeka’ ini bertujuan untuk: 1). Menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, 2). Memberikan pemahaman tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, 3). Membentuk generasi muda untuk mengingat kembali akan pengorbanan pejuang bangsa, serta 4). Membentuk generasi muda untuk lebih mengenali nilai-nilai luhur budaya  bangsa.
 
“Ayo, segera mendaftar, karena kuota peserta terbatas,” pesan Hendarman. ***(Lany F/Ryka HP/Denty. A)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2719 kali