KBRI Bangkok Kembali Gelar Kursus Bahasa Indonesia untuk Warga Thailand   07 Oktober 2020  ← Back



Bangkok, 7 Oktober 2020
---  Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok kembali menggelar kurus Bahasa Indonesia bagi warga Thailand yang resmi dibuka pada Selasa lalu (6/10). Kursus diikuti warga negara Thailand yang merupakan staf dan aparatur sipil dari instansi mitra KBRI Bangkok dan berjumlah 48 orang.
 
Program ini adalah bagian penguatan Rumah Budaya Indonesia di bawah Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kepala Perwakilan (KUAI) RI, Dicky Komar mengapresiasi antusiasme warga Thailand partisipan kursus yang berasal dari berbagai latar belakang. Ia menyatakan bahwa ini menunjukkan intensitas hubungan people to people yang mengesankan di tengah peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Thailand di tahun 2020.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk Bangkok menjelaskan bahwa kursus Bahasa Indonesia ini adalah diplomasi budaya, bukan hanya untuk memperkenalkan bahasa, tetapi juga budaya Indonesia yang sangat beragam termasuk pariwisata, kuliner, dan keramahan orang Indonesia.
 
Kursus akan berjalan selama kurang lebih dua bulan dengan 15 kali pertemuan setiap Selasa dan Kamis, dengan pelaksanaan ujian tertulis di akhir kursus. Pada 8 Desember 2020 nanti, direncanakan akan diadakan pembagian sertifikat.  Menyesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19, pelaksanaan kursus tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 
 
Pada tahun ini, bentuk pertemuan berupa tatap muka langsung dalam kelas yang akan dilaksanakan di ruang kelas Sekolah Indonesia Bangkok dan belajar secara daring melalui aplikasi Zoom. Peserta dibagi dalam dua kelas (A dan B) dan secara bergantian mengikuti pembelajaran luring dan daring sesuai jadwal.
 
Pengajar berasal dari pengajar BIPA lokal yang terpilih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dosen BIPA dari APPBIPA Thailand yang mengajar di Naresuan University, dan guru BIPA KBRI Bangkok. Pelaksanaan kelas luring diterapkan dengan tetap menekankan prosedur pencegahan penyebaran COVID-19 yang dianjurkan.
 
Instansi yang mengirimkan stafnya untuk mengikuti kursus bahasa Indonesia ini adalah dari Office of Prime Minister, Ministry of Commerce, Ministry of Justice, Ministry of Foreign Affairs, Ministry of Education, Ministry of Culture, Ministry of Defense, Department of Border Affairs Royal Thai Armed Forces Headquarters, Office of the Civil Service Commission, National Intelligence Agency, Suan Sunandha Rajabhat University, Suan Dusit University, Thonburi Commercial College, King Mongkut Institute of Technology Ladkrabang, Thailand International Cooperation Agency, National Institute of Development Administration (NIDA), Kasetsart University, Bangna Commercial College, dan Kansadaeng Watthanatham Chulalongkorn University. Seluruh peserta dapat mengikuti kursus ini secara gratis termasuk buku panduan dan pada akhir kursus akan mendapat sertifikat kelulusan program kursus BIPA KBRI. (Denty A)
 
 
 
 
 
 
 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3188 kali