Babak Penyisihan KOSN Pendidikan Dasar Telah Selesai, Wakil-Wakil Terbaik Bersiap Menuju Final  13 November 2020  ← Back



Tangerang, Kemendikbud --- Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Pendidikan Dasar Tahun 2020 telah menyelesaikan babak penyisihan. Dewan juri telah merampungkan seluruh penilaian dari tanggal 9 sampai dengan 13 November 2020, dan memilih wakil-wakil terbaik tiap provinsi untuk berlaga di babak final. Babak final KOSN, baik jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah, direncanakan berlangsung pada awal Bulan Desember 2020.

KOSN Pendidikan Dasar tahun ini dilaksanakan dengan sistem daring. Kompetisi olahraga bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) ini dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI), serta dinas pendidikan di daerah.

Tahun ini cabang olahraga yang dilombakan terdiri dari dua cabang yaitu karate dan pencak silat. Dari dua cabang tersebut, dibagi menjadi empat nomor yaitu: 1. Karate kata perorangan putra; 2. Karate kata perorangan putri; 3. Pencak silat jurus tunggal putra; dan 4. Pencak silat jurus tunggal putri.

Penilaian babak penyisihan KOSN yang digelar secara daring. Dewan juri yang berkumpul di Hotel Grand Soll Marina Tangerang Banten telah menyelesaikan penilaian video-video peserta yang dikirimkan, dan menetapkan wakil-wakil yang akan berlaga di babak final.

Salah satu juri karate, Hendrial mengatakan ini pengalaman baru, menilai kemampuan peserta dari video dan tidak secara langsung. Namun dari video tersebut, seorang juri yang berpengalaman dapat menentukan kemampuan peserta dan memberikan nilai yang adil. "Para juri bekerja profesional dan keputusannya dapat dipertanggungjawabkan," kata Hendrial, Kamis (12/11/2020).

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengaku gembira dengan pelaksanaan KOSN ini dan memuji antusiasme siswa mengikuti KOSN. "Saya gembira para siswa SD dan SMP antusias mengikuti KOSN. Lebih dari dua ribu video telah diunggah. Sebelumnya pada KOSN pendidikan menengah pesertanya juga luar biasa," kata Asep Sukmayadi.

Asep berterima kasih kepada para orang tua yang telah mendampingi putra-putrinya dalam merekam video dan mengirimkannya ke panitia KOSN. Semua peserta, baik yang lolos ke babak final maupun tidak lolos tetap harus semangat untuk berprestasi di bidang olahraga.

KOSN Pendidikan Dasar diikuti 2.628 siswa, yang terdiri dari dari 1.249 siswa SD dan 1.379 siswa SMP. Tujuan KOSN adalah untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa berbasis penguatan karakter dan menumbuhkan nilai-nilai luhur olahraga. Selain itu KOSN juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antarsiswa di seluruh Indonesia. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1883 kali