Disambut Hangat, 120 Mahasiswa Kedokteran Berlaga di Medical Online Championship Perdana  12 November 2020  ← Back

Jakarta, 2 November 2020 – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menggelar Babak Semifinal “Medical Online Championship” (MOC) pada 10 – 13 November 2020 secara dalam jaringan (daring).

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari mahasiswa kedokteran seluruh Indonesia. Tercatat sebanyak 60 tim yang terdiri dari 120 peserta berlaga pada babak semifinal. Para peserta berasal dari 57 institusi pendidikan di bawah Kemendikbud. MOC merupakan kompetisi  nasional  mahasiswa  kedokteran perdana yang digelar Puspresnas Kemendikbud dengan Ikatan  Senat  Mahasiswa  Kedokteran  Indonesia.

“Semangat MOC ini untuk membentuk karakter mahasiswa kedokteran  yang  siap  menjadi  SDM  unggul, profesional,  dan  mampu  berkompetisi  dalam  skala  global,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud, Asep Sukmayadi pada upacara pembukaan (11/11).

“Covid-19  menuntut  kita  semua mengubah  semua  aspek  kehidupan. Kita  harus  siap  dengan  adaptasi  kebiasan  baru, Tapi,  tentu  tidak mengurangi  esensi kegiatan yang kita lakukan. Dalam  situasi  pandemi, jangan  sampai prestasi  kemahasiswaan  ikut terhambat," tambah Asep.

Asep menuturkan, nilai positif dari ajang MOC yaitu hasil prestasi lomba dapat dijadikan portfolio digital bagi peserta saat akan berkarier di bidang kedokteran. “Saya juga ingin melihat peserta beradaptasi dan menunjukan momen terbaik. Hasilnya bisa kita jadikan sebagai referensi pengembangan kompetisi kedepannya," harapnya.


Selain itu, Asep juga berharap agar MOC dapat menjadi wadah penguatan karakter dan sikap pantang menyerah di kalangan peserta. "Kompetisi bukan segala-galanya, tapi bisa menjadi wadah untuk peserta memperoleh pengalaman dan menampilkan kebisaan kita.”
Sebagai informasi, MOC terdiri dari enam bidang keilmuan kedokteran, yakni Infectious Disease, Neuropsychiatry, Cardiorespiratory, Digestive, Genitourinary, dan Musculoskeletal.

Pada babak semifinal, masing-masing cabang lomba diikuti sepuluh kelompok, sehingga totalnya terdapat 60 kelompok yang bertanding. Babak semifinal melombakan kategori esai dan submisi video serta kategori video impromptu atau video spontan.

Selanjutnya, seluruh hasil jawaban peserta akan diolah dan diurutkan. Tiga kelompok yang terpilih dengan nilai tertinggi pada setiap cabang lomba, akan lolos ke babak final.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#merdekabelajar
#bersamahadapikorona
#berprestasidarirumah
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 352/sipres/A6/XI/2020

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 445 kali