Karya Lomba Keterampilan Siswa Berkebutuhan Khusus Dikagumi Mendikbud  05 November 2020  ← Back



Bandung, Kemendikbud --- Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) Tahun 2020 resmi ditutup pada hari Rabu, 4 November 2020, di Bandung. Dalam sambutan yang disampaikan secara virtual, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menyatakan kekagumannya terhadap hasil karya para peserta.
 
Mendikbud mengatakan, meskipun lomba ini diselenggarakan dalam jaringan (daring), tidak mengurangi kualitas hasil karya peserta. “Anak berkebutuhan khusus ternyata mampu membuat hasil karya yang luar biasa bahkan lebih baik dari anak-anak lainnya,” katanya.
 
Lebih lanjut Menteri Nadiem mengatakan bahwa tidak hanya prestasi yang membuat seseorang menjadi sukses meraih cita-cita namun juga karakter yang kuat. “Dengan mengikuti LKSN-ABK, adik-adik telah membuktikan bahwa adik-adik adalah pelajar Pancasila. Semoga setelah ini, adik-adik dapat memperkuat karater kalian dalam bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong serta bertakwa dan berakhlak mulia,” ujar Nadiem.
 
LKS-ABK dimulai sejak Oktober 2020 dan proses pemilihan pemenang berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, sejak tanggal 2-4 November 2020.  Terdapat sembilan bidang yang dilombakan yakni membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, hantaran dan kreasi barang bekas untuk jenjang SMPLB/SMALB.
 
Para peserta dari tiap provinsi mengirimkan hasil karya serta video proses pembuatannya ke panitia. Karya tersebut kemudian dinilai oleh juri di bidang masing-masing untuk menentukan juara I, II, III, dan harapan I, II, dan III.
 
Peraih juara memperoleh sertifikat kejuaraan dan hadiah. Selain itu, peserta provinsi yang banyak memperoleh juara dalam LKSN-ABK ini menjadi juara umum, memperoleh sertifikat dan hadiah pembinaan.
 
Perlu diketahui, para pemenang LKSN ABK tahun 2019 telah diikutsertakan dalam kompetisi internasional di Malaysia dan Chicago, Amerika Serikat. Di Malaysia, mereka meraih 3 medali perak dan 1 perunggu pada lomba 10th Penang International Halal Chefs Challenge 2019 bulan Maret 2019.  Sedangkan di Chicago, satu peserta mendapatkan penghargaan pada acara Education Summit Cidesco World Congress tahun 2019 di Chicago, Amerika Serikat.
 
Mendikbud berharap, keikutsertaan siswa dalam LKSN-ABK ini menjadi bekal bagi seluruh peserta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, magang, ataupun bekerja. “Semoga para pemenang (tahun ini dapat) terus mengikuti kompetisi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu lomba tingkat internasional. Saya yakin kita pasti bisa bersaing dan menang,” ujar Nadiem.
 
Turut hadir menyaksikan penutupan LKSN-ABK yaitu Pelaksana Tugas (Plt.) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asep Sukmayadi; Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbud, Samto; serta Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya. (Denty A./Aline R.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1877 kali