Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia 2020 Wadahi Inovasi Peserta Didik di Masa Pandemi  04 November 2020  ← Back



Bandung, Kemendikbud --- Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tidak memungkinkan pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan KoPSI secara dalam jaringan (daring).
 
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Ainun Na`im ketika menyampaikan sambutan mengatakan, bahwa saat krisis terjadi, peran peneliti amat penting dalam menemukan solusi permasalahan yang sedang mendera. Semangat seperti inilah yang harus dimiliki oleh para peneliti masa depan. “Bagi seorang peneliti, situasi yang sulit dan tidak menentu justru dapat menjadi tantangan untuk menciptakan beragam riset yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan yang ada,” ucapnya saat membuka acara secara virtual, Selasa (3/10).
 
Pada tahun ini, penyelenggaraan KoPSI menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi. KoPSI diselenggarakan untuk mewadahi kreativitas dan inovasi anak-anak muda Indonesia agar tetap semangat berkegiatan positif meski di tengah pandemi. Adapun tema bulan Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi tahun 2020 adalah ‘Melejitkan Talenta dan Prestasi Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi pada Masa Pandemi’.
 
Para peserta KoPSI mendapat tantangan yang cukup tinggi dalam menemukan karya-karya inovasi penelitian terkait pandemi Covid-19. Namun demikian, Ainun optimistis, KoPSI dapat menjadi salah satu program yang berkontribusi untuk meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.
 
“Saya harap, KoPSI ke depannya dapat menumbuhkan new mindset di kalangan peneliti untuk menempatkan situasi sebagai tantangan bukan hambatan. KoPSI menjadi langkah awal untuk siswa dalam mengumpulkan kekuatan ilmu pengetahuan untuk dapat merespons, mengatasi, dan menanggulangi permasalahan yang ada secara ilmiah,” tutur Ainun Na`im.
 
Sesuai dengan tema KoPSI tahun 2020 yaitu ‘Pemanfaatan dan Pengembangan Potensi dalam rangka Mengoptimalkan Sumber Daya Lokal’ kegiatan ini bertujuan melahirkan peneliti muda Indonesia yang mampu menjadi agen perubahan dalam menggerakkan potensi daerahnya sendiri, meningkatkan nilai tambah sehingga daerah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.
 
Apresiasi yang setinggi-tingginya juga disampaikan Sesjen Kemdikbud itu kepada para guru, orang tua, dan keluarga yang selalu mendampingi, memotivasi, dan mendukung potensi anak-anak Indonesia dalam mengapresiasikan dirinya pada saat mengikuti kompetisi, lomba, serta wadah lainnya untuk pembuktian prestasi.
 
“Selamat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan KoPSI Tahun 2020. Selamat kepada kalian yang telah berjuang. Terus bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktivitas-aktivitas positif,” pungkas Ainun Na`im. (Denty A./Aline R.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1776 kali