Kompetisi Sains Nasional 2020 di Mata Para Peserta  02 November 2020  ← Back



Bandung, Kemendikbud ---
Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 bertemakan ‘Melejitkan Talenta dan Prestasi Seni di Masa Pandemi’, dan diselenggarakan secara bertahap. Seleksi tingkat provinsi sudah dilakukan pada tanggal 6 s.d. 11 Oktober 2020 untuk jenjang SD dan tanggal 13 s.d. 18 Oktober 2020 untuk jenjang SMP. Sementara itu, untuk tingkat nasional, jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) berlangsung pada tanggal 1 s.d 6 November 2020. Sedangkan seleksi nasional untuk jenjang pendidikan menengah (SMA dan SMK) telah diselenggarakan pada tanggal 11 s.d 17 Oktober 2020 lalu.
 
Salah satu peserta KSN jenjang SD asal SD Islam Al Azhar 19, Sentra Primer, Jakarta, Aurelia Shafina mengutarakan antusiasnya mengikuti ajang ini. “Saya bersemangat karena telah melalui banyak persiapan dan banyak yang mendukung, yang terpenting adalah jaringan koneksinya harus baik,” tuturnya pada pembukaan KSN, di Bandung, Jawa Barat, (1/11).
 
Tak ketinggalan, peserta lain dari SMPN 1 Tolongohula, Gorontalo, Aprilia Putri, yang juga berkompetisi di bidang IPA, memberikan saran dalam mengatasi tantangan. “Karena baru kali ini menjalankan kompetisi secara daring maka harus dibawa santai,” ungkap Aprilia. 
 
Adapun bidang sains yang dilombakan dalam KSN Tahun 2020 untuk jenjang SD meliputi dua bidang lomba yaitu IPA dan Matematika. Untuk jenjang SMP mengikuti tiga bidang lomba yaitu IPA, IPS, dan Matematika.
 
Dari masing-masing bidang lomba, para pemenang KSN di jenjang SD memperebutkan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu; serta sertifikat dan piagam penghargaan dari Puspresnas, Kemendikbud. Untuk jenjang SMP, panita masing-masing bidang lomba menyediakan 10 Medali emas, 15 medali perak, 20 medali perunggu serta sertifikat.
 
Para juri yang akan terlibat dalam proses tes dan penilaian merupakan akademisi yang berasal dari beberapa perguruan tinggi, di antaranya adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan UIN Syarif Hidayatullah.
 
Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Asep Sukmayadi, mengatakan, perkembangan zaman membuat talenta peserta didik meningkat kian pesat. Melalui penyelenggaraan KSN, peserta diharapkan mampu menjadikan kompetisi ini sebagai daya dorong yang membentuk karakter berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air. “Tetap berprestasi dari rumah, jujur itu juara, semangat menolak menyerah,” pungkas Asep.
 
Turut hadir menyaksikan kegiatan ini secara virtual, Direktur SD Kemendikbud, Sri Wahyuningsih; Direktur SMP Kemendikbud, Mulyatsyah, Para Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota maupun Provinsi, perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), para guru pendamping, pembina, dan orang tua siswa. Berikut jumlah partisipan pada KSN jenjang pendidikan dasar.

Partisipan Peserta Seleksi Wilayah :
JENJANG JUMLAH SISWA JUMLAH SEKOLAH JUMLAH KAB/KOTA JUMLAH PROVINSI
SD 68.475 68.475 514 34
SMP 34.211 34.211 514 34
TOTAL 102.686 102.686 514 34
 
Partisipan Peserta Nasional
JENJANG JUMLAH SISWA JUMLAH SEKOLAH JUMLAH KAB/KOTA JUMLAH PROVINSI
SD 272 267 514 34
SMP 612 612 514 34
TOTAL 884 879 514 34
 
(Denty A./Aline R.)
 
 
Laman panitia: 
  • pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  • sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  • smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
Email panitia:
  • sd.puspresnas@kemdikbud.go.id
  • smp.puspresnas@kemdikbud.go.id
Instagram: @puspresnas
 
 
 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1947 kali