Sekolah Indonesia Cairo Peringati Hari Guru dengan Menggelar Kelas Inspirasi  29 November 2020  ← Back



Cairo, Kemendikbud --- Sekolah Indonesia Cairo merupakan salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang berlokasi di Cairo, Mesir. SILN ini pun turut memperingati Hari Guru Nasional 2020 dengan menggelar upacara secara terbatas dan dilanjutkan dengan Kelas Inspirasi yang dilakukan secara virtual atau daring melalui konferensi video. "Merdeka Belajar" menjadi tema yang diangkat dalam Kelas Inspirasi tersebut.

Usai upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020, seluruh murid Sekolah Indonesia Cairo mengikuti acara Kelas Inspirasi bertema “Merdeka Belajar". Kelas Inspirasi tersebut menghadirkan narasumber yang merupakan seorang guru Sekolah Indonesia Cairo hasil seleksi Kemendikbud tahun 2015, yaitu Bandriyo Sulistiyono.

Bandriyo Sulistiyono pernah bertugas di Papua sebagai guru Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM-3T). Saat bertugas sebagai guru di program SM-3T, Bandriyo mengajar di SD YPPK Serunkuma Waan dan SMP Negeri Waan Papua selama satu tahun, yaitu sejak 1 Agustus 2015 hingga 15 Agustus 2016.

Dalam Kelas Inspirasi itu, Bandriyo berpesan kepada seluruh murid Sekolah Indonesia Cairo agar tetap semangat dalam belajar, karena masih ada anak-anak Indonesia yang tidak bisa menikmati proses pembelajaran seperti yang dimiliki siswa di Sekolah Indonesia Cairo.

"Mereka tetap semangat meskipun mereka belajar dengan segala keterbatasan yang ada. Sedangkan kita di sini, dengan segala fasilitas yang ada kita harus semangat belajar," katanya.

Meskipun Kelas Inspirasi berlangsung secara virtual, para siswa Sekolah Indonesia Cairo sangat antusias dan aktif mengajukan pertanyaan kepada Bandriyo. Menjadi suatu hal baru bagi mereka, bisa mendengar kisah tentang kegiatan belajar anak-anak Indonesia di desa terpencil di Papua.

Kelas Inspirasi tersebut tidak hanya dihadiri oleh peserta didik Sekolah Indonesia Cairo, melainkan juga dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Cairo, Bambang Suryadi; Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Ismail Nur; serta seluruh dewan guru dan staf sekolah. Acara berlangsung  kurang lebih satu setengah jam melalui aplikasi konferensi video.

Atdikbud KBRI Cairo, Bambang Suryadi mengatakan, tidak mudah untuk menjadi sumber inspirasi, karena seorang inspirator harus menjadi orang yang bisa mempengaruhi. Seorang inspirator juga harus menjadi motivator. "Ini salah satu peran guru yang sangat penting dan sangat signifikan di era milenial seperti sekarang ini. Untuk menjadi inspirator kita harus memiliki wawasan pengetahuan, wawasan pengalaman, dan kemampuan berkomunikasi," ujar Bambang.

Menurutnya, inspirasi bisa datang di mana saja dan kapan saja, bahkan anak didik pun bisa menjadi sumber inspirasi. Ia berharap semoga kegiatan Kelas Inspirasi ini ke depannya bisa dilaksanakan dengan lebih lagi. "Dengan adanya Kelas Inspirasi, semoga anak-anak selalu terinspirasi dan lebih semangat dalam mengukir prestasi," tutur Bambang.

Kegiatan ini Kelas Inspirasi juga disambut dengan baik dan sangat positif oleh para guru. "Semoga ke depannya mampu menghadirkan inspirator lain yang nggak kalah keren," ujar salah satu guru yang mengikuti acara tersebut. (Fitri/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2826 kali