Seminar Nasional Pendidikan Matematika VIII Bahas Pembelajaran Matematika di Masa Kenormalan Baru  18 November 2020  ← Back



Yogyakarta, Kemendikbud --- Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menggelar Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) VIII yang berlangsung tanggal 18 sampai dengan 19 November 2020. SeNdiMat VIII ini diikuti oleh 800 orang terdiri dari guru matematika, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dari berbagai provinsi di Indonesia, serta widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dari PPPPTK Matematika dan SEAMEO Qitep in Mathematics.

Pelaksanaan SeNdiMat yang telah memasuki tahun ke delapan ini dilaksanakan secara daring mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Melihat situasi pembelajaran dengan berbagai problematikanya akibat situasi pandemi, PPPPTK Matematika menjawab tantangan tersebut dengan mengangkat tema SeNdiMat VIII: ”Pembelajaran Matematika di Era New Normal: Kebijakan, Pelaksanaan, dan Problematikanya.”

Kegiatan SeNdiMat VIII menghadirkan keynote speaker, Direktur GTK Dikdas Ditjen GTK, Rachmadi Widdiharto, Prof. Dr. C. Asri Budiningsih (Guru Besar Teknologi Pembelajaran, Pasca Sarjana UNY), dan Jakim Wiyoto (Pengembang Teknologi Pembelajaran di PPPPTK Matematika). Sedangkan untuk pembicara pada sesi paralel menghadirkan pembicara sebanyak 12 orang terdiri dari unsur Guru Matematika, Kepala Sekolah, dan Widyaiswara dari PPPPTK Matematika.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Plt. Kepala PPPPTK Matematika, Nunik Sukeksi, menyebutkan bahwa pelaksanaan SeNdiMat ini sebagai upaya untuk medorong dan memfasilitasi kegiatan Pengembangan keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru matematika. Diharapkan melalui SeNdiMat ini guru dan tenaga kependidikan matematika bisa mendapatkan dan berbagai gagasan serta pengalaman terkait pembelajaran matematika.

Mewakili Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Rachmadi Widdiharto selaku Direktur Dikdas membuka secara resmi pelaksanaan SeNdiMat VIII dan memberikan apresiasi kepada PPPPTK Matematika atas inovasi dan kreativitas yang dikembangkan untuk memberikan layanan pendidikan terbaik salah satunya program SeNdiMat yang rutin dilaksanakan setahun sekali.

“Inovasi dan kreatifitas dari PPPPTK Matematika sangat ditunggu baik oleh guru matematika dan juga pemerhati pendidikan. Kegiatan seperti ini sangat diharapkan dan terus dikembangan agar PPPPTK Matematika semakin dekat dengan guru matematika dan tenaga kependidikan matematika,” Ujar Rachmadi. (Rina Kusumayanti / Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 479 kali