Tumbuhkan Kreativitas, Kemendikbud gelar Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020  09 Desember 2020  ← Back

Jakarta, 7 Desember 2020 – Sebagai wujud dukungan dalam membangun kreativitas sekaligus menumbuhkan karakter generasi muda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020. Tema yang diangkat pada PUSAKA 2020 adalah “Generasi Cerdas Berkarakter, Indonesia Maju Bermartabat”. Acara ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) pada 10 – 12 Desember 2020.
 
Kepala Puspeka Hendarman mengharapkan dengan adanya kegiatan PUSAKA 2020 dapat memberikan ruang untuk berbagi pesan positif mengenai penguatan karakter melalui karya orisinil yang berkualitas. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan penguatan karakter pada Tri Sentra Pendidikan secara lebih luas, dan memberikan penguatan karakter dengan cara berbeda serta lebih menarik. “Kegiatan ini memberikan wadah dan ruang ekspresi bagi sahabat karakter dalam menyampaikan materi penguatan karakter,” kata Hendarman pada Sabtu, (28/11/2020).
 
Herdarman menjelaskan kegiatan PUSAKA akan ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu Seminar Virtual Nasional Pusaka, Pameran Virtual, Parade Aksi, serta Malam Apresiasi bagi Sahabat Karakater. Rangkaian kegiatan tersebut akan diisi oleh narasumber dan pengisi acara dari narasumber yang ahli dibidangnya dan diacara malam prestasi akan diisi oleh artis ibukota.
 
Untuk Seminar Virtual Nasional Pusaka akan diadakan pada 10 Desember 2020 dengan tema utama “Generasi Cerdas Berkarakter, Indonesia Maju Bermartabat”. Tema utama tersebut dibagi ke dalam tiga subtema untuk tiga sesi seminar.
 
Pertama, “Pendidikan dan Kebudayaan Bersinergi Untuk Indonesia Maju” untuk sesi satu dengan sasaran pendidik dan pelaku budaya. Kedua, “Pelajar dan Identitasnya Sebagai Profil Pelajar Pancasila” untuk sesi dua dengan sasaran peserta didik. Ketiga yaitu “Mewujudkan Keluarga Cerdas Berkarakter” untuk sesi tiga sasarannya orangtua peserta didik.
 
Pada acara seminar virtual ini akan dibuka oleh Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Keynote speaker, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.
 
Adapun untuk pameran virtual akan dapat dinikmati oleh masyarakat mulai tanggal 10 – 12 Desember 2020, yang menampilkan karya-karya dalam bentuk poster, komik, video iklan layanan masyarakat, dan foto-foto kegiatan Puspeka saat melakukan kegiatan dengan sahabat karakter. Di dalam salah satu ruangnya, pengunjung pameran virtual ini dapat bermain game karakter 4 Sahabat yang melakukan petualangan. Keempatnya pun bisa bernyanyi dengan lagu-lagu karakter.
 
Bukan hanya itu, dalam pameran virtual pengunjung bisa melakukan konsultasi tentang penguatan karakter dengan psikolog terpercaya.
 
Dalam mendukung kreasi para remaja hingga masyarakat umum,  juga ada acara yang disebut dengan Parade Aksi. Kali ini, Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter(Puspeka) kembali mengajak remaja serta masyarakat berpartisipasi pada kompetisi Karya Cerdas Berkarakter.
 
Dengan mengangkat tema kreatif bagi pelajar dan masyarakat umum, kompetisi ini bertujuan memberi ruang sekaligus wadah untuk berbagi pesan positif mengenai penguatan karakter lewat karya orisinil yang berkualitas.
 
Seperti pada keterangan sebelumnya, peserta yang diperbolehkan ikut kompetisi dari tingkat pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, serta umum.
 
Bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi wajib mengambil tema "Menjadi Kuat Bersama Sahabat". Sementara itu, untuk masyarakat umum, tema yang wajib diambil adalah "Selalu Ada Cinta untuk Keluarga".
 
Adapun bentuk karya yang dilombakan dalam Kompetisi Karya Cerdas Berkarakter dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama, berupa video iklan layanan masyarakat (ILM). Kedua, karya bentuk komik dengan suara, sedangkan ketiga adalah cipta karya lagu. Dan ketiga peserta terbaik pada setiap segmen akan mendapatkan berbagai hadiah, seperti laptop hingga gadget yang terdiri dari tablet dan ponsel pintar.
 
Selain itu, ada merchandise menarik untuk karya yang ditampilkan pada parade Kompetisi Cerdas Berkarakter dan diberikan pula e-Sertifikat bagi peserta yang telah mengunggah karya.
 
Rangkaian Pusaka akan ditutup dengan Malam Apresiasi bagi Sahabat Karakter yang akan diisi berbagai acara, bermanfaat dan menghibur,  yang akan disiarkan di Metro TV, tanggal 12 September 2020, pukul 19.00 – 20.30 WIB
 
Selain mengikuti rangkaian kegiatan, peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik selama acara berlangsung. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman: cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id. 
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat  
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
 
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Nomor : 400/sipres/A6/XII/2020

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1393 kali