Ditjen Pendidikan Vokasi Perlu Lebih Gencar Sosialisasikan Program-programnya  22 Februari 2021  ← Back

Jogjakarta, 22 Februari 2021 --- Sebagai direktorat jenderal baru di lingkungan Kemendikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi terus gencar menyosialisasikan ragam kegiatan maupun programnya agar lebih dikenal masyarakat. Harapannya, tentu saja semua informasi ataupun publikasi mengenai prestasi dan seluruh capaian vokasi, dapat tersalurkan dan tersiarkan dengan baik. 
 
Hal tersebut ditekankan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto dalam acara Rapat Koordinasi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Publikasi Tahun 2021 yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Februari 2021 di Jogjakarta. "Pekerjaan humas bukan hanya menyiapkan acara pers konferensi, namun apabila ada isu yang menerpa pendidikan, maka humas menjadi garda terdepan. Humas juga harus mampu berkembang menjadi marketing dan melakukan re-branding," tutur Wikan.
 
Wikan pun menekankan satu gerak langkah guna mempublikasikan program Ditjen Pendidikan Vokasi agar lebih efektif pada 2021 ini. "Kerja sama amat diperlukan, serta kedudukan humas di satuan kerja perlu mendapat perhatian agar bisa berjalan maksimal. Pasalnya, humas merupakan ujung tombak instansi untuk menjalani komunikasi internal dan eksternal," terangnya.
 
Selain itu, Wikan juga menjelaskan konsep terkait tahun 2021 sebagai tahun kolaborasi. Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan, yakni menguatkan sinergisitas internal, mengomunikasikan program-program unit secara terperinci untuk dapat diolah bersama, menyampaikan dan mengoordinasikan kebutuhan dan hal teknis agar sesuai standar, serta melaksanakan kegiatan bersama.
 
Menyoal kreativitas yang sangat diperlukan bagi tim humas dan publikasi dalam membuat konten-konten yang menarik, tambah Wikan. Misalnya dalam menyosialisasikan upgrading D3 ke program D4, maka dapat dibuat kisah sukses agar banyak yang tertarik masuk pendidikan vokasi. "Humas butuh produk kuat untuk disampaikan," jelas Wikan. Tak ketinggalan, Wikan pun mengajak seluruh sumber daya manusia di lingkungan pendidikan vokasi agar menjadi pemimpin yang berani melakukan perubahan. (Nur Widiyanto)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2725 kali