Dukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, SEAQIL Terus Perkuat Jejaring  09 Februari 2021  ← Back

Jakarta, 9 Februari 2021 --- Southeast Asian Ministers of Education Organization, Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (SEAMEO QITEP) in Language (SEAQIL) bersama Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS UPI) menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini juga ditujukan untuk membangun jejaring dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. SEAQIL adalah pusat peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di bawah organisasi regional antarpemerintah negara-negara Asia Tenggara, di mana Indonesia merupakan salah satu pendirinya.

Dekan FPBS UPI, Tri Indri Hardini menyampaikan apresiasinya pada kesempatan ini. “Kerja sama ini sangat penting khususnya dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Tapi juga bermanfaat untuk pengembangan program lain yang terkait peningkatan kualitas pendidikan, kecakapan profesional, pengembangan diri, kepemimpinan, dan pendidikan bahasa-sastra-seni-budaya,” tutur Tri, Senin (8/2).

Tri juga mengungkapkan kegembiraannya karena program Klub Literasi Sekolah (KLS) yang digagas SEAQIL telah membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa FPBS untuk pengembangan diri melalui magang.

Senada dengan itu, Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani mengatakan, bahwa lewat kerja sama ini, SEAQIL dan FPBS UPI dapat mengembangkan program dan kegiatan yang membangun dengan memanfaatkan potensi dan kemampuan sumber daya yang dimiliki masing-masing lembaga.

“Kerja sama ini juga membuka peluang bagi mahasiswa FPBS UPI untuk bergabung dalam program magang mahasiswa sebagai pendamping KLS. KLS mensinergikan beberapa tujuan yaitu meningkatkan budaya literasi, mendukung kebijakan MBKM, meningkatkan kemampuan 4C abad ke-21 (Critical thinking, Creativity, Collaboration, Communication), meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dan membangun jejaring kerja sama,” tambah Anik.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani dan Dekan FPBS UPI, Tri Indri Hardini dan disaksikan oleh para ketua departemen/program studi, sekretaris jurusan dan kepala seksi yang ada di FPBS UPI. Acara ini juga disiarkan secara daring oleh seluruh jajaran pejabat dan staf di lingkungan SEAQIL.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#bersamahadapikorona
#merdekabelajar
#kampusmerdeka
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 21/Sipres/A6/II/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1164 kali