Klub Literasi Sekolah Sejalan dengan Kampus Merdeka  24 Februari 2021  ← Back

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na’im menyatakan bahwa Klub Literasi Sekolah (KLS) yang digagas SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) selaras dengan strategi dan program Kemendikbud yang dikenal dengan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), di mana dalam konsep, strategi, dan program tersebut memerlukan sinergi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun mahasiswa.
 
“KLS dapat menjaga keberlangsungan kependidikan selama pandemi. Melalui peran aktif mahasiswa, KLS diharapkan juga dapat membantu para guru, orang tua, dan siswa untuk menjamin bahwa siswa tetap melaksanakan proses pembelajaran meskipun dalam masa pandemi,” tutur Ainun dalam Peluncuran Klub Literasi Sekolah secara virtual (18/02).
 
KLS, tambah Ainun, sudah sejalan dengan Kampus Mengajar yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud. “KLS dapat berkoordinasi mengenai kegiatannya, sehingga lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa,” tambah Ainun.
 
Selain itu, Ainun Na’im menekankan perlunya pengakuan tentang pengabdian mahasiswa dengan memberikan pemenuhan kurikulum secara efisien sesuai dengan konsep Kampus Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. “Ini penting karena mahasiswa terlibat mengalami proses pengembangan kompetensi dalam menghadapi tantangan masa depan dengan membantu masyarakat,” ujar Ainun.
 
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani juga berharap agar KLS yang mengangkat tema abstrak literasi dan kecakapan abad ke-21, dapat direalisasikan sebagai kegiatan konkret yang berbasis karya. “Dalam mendukung kebijakan MBKM. SEAQIL akan senantiasa melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu sekolah, guru, siswa, mahasiswa, komunitas literasi, media massa, dan lain-lain,” tegas Anik.
 
Sebelum peluncuran resmi, SEAQIL telah melaksanakan serangkaian kegiatan baik koordinasi maupun sosialisasi. Dalam kesempatan tersebut, Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto turut menyosialisasikan kebijakan MBKM yang menjadi dasar program KLS.
 
“Perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal serta selalu relevan dengan perkembangan Revolusi Industri Tahap 4, dengan Tiga Literasi, yaitu: Literasi Data, Teknologi, dan Manusia. Inilah yang mendorong SEAQIL untuk bersinergi dengan kebijakan Kemendikbud, khususnya kebijakan MBKM yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” jelas Misbah.
 
Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL), adalah organisasi regional Asia Tenggara yang berpusat mengembangkan kualitas guru bahasa di Asia Tenggara. (SEAQIL)
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
 
Laman: kemdikbud.go.id                                                               
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
#merdekabelajar
#kampusmerdeka
#klubliterasisekolah
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4548 kali