Komitmen Mitra Mendukung Program “Belajar dari Rumah” di TV Edukasi  31 Maret 2021  ← Back

Rabu, 31 Maret 2021 --- TV Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai 1 April 2021 akan menyiarkan program Belajar dari Rumah untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD). Sebelumnya, program ini tayang di TVRI. Dua belas mitra TV Edukasi menyatakan komitmennya mendukung kesuksesan program Belajar dari Rumah. Guna menyelaraskan sinergi dengan para mitra, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud menyelenggarakan Temu Mitra TV Edukasi pada Jumat, (26/3) lalu.
 
Pertemuan dengan mitra TV Edukasi bermaksud untuk memperluas akses siaran TV Edukasi, menyinergikan program Belajar dari Rumah dengan bantuan kuota data internet, serta meningkatkan kolaborasi dengan mitra TV Edukasi agar lebih banyak masyarakat menerima layanan pendidikan melalui saluran televisi milik Kemendikbud ini.

“Hal ini menunjukkan komitmen bahwa dalam masa yang sulit ini kementerian melakukan berbagai macam cara untuk memastikan adanya pembelajaran dari rumah. Salah satunya melalui media televisi, karena itulah program Belajar Dari Rumah ini hadir,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim pada kesempatan berbeda.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusdatin Kemendikbud, Muhamad Hasan Chabibie mengatakan bahwa Program Belajar dari Rumah yang tayang melalui TVRI sejak 12 April 2020 telah sukses dijalankan. Berdasarkan hasil evaluasi berkala terhadap pemirsa program Belajar dari Rumah, kini program Belajar dari Rumah berpindah tayang ke TV Edukasi mulai 1 April 2021. Sebagai informasi, TV Edukasi sudah memulai tahap transisi siaran program Belajar dari Rumah di TV Edukasi sejak 16 Maret 2021 lalu.

12 mitra TV Edukasi yang mengaku siap berkomitmen pada program Belajar dari Rumah sebagai kontribusi membangun pendidikan yang baik bagi anak Indonesia. Sejumlah mitra ini terdiri dari TV lokal, jaringan, video-on-demand (VoD) ataupun over-the-top (OTT). Pusdatin juga telah mengembangkan beragam konten TV Edukasi dengan berbagai format sajian.  

Mitra TV Edukasi menyatakan komitmen dan siap mendukung serta menyebarluaskan program Belajar dari Rumah melalui siaran di media yang mereka miliki. Mereka terdiri dari beragam platform seperti Over The Top (OTT), kabel dan jaringan hingga TV lokal. Mitra TV Edukasi yang hadir secara langsung, yaitu Vidio, Life Media, DAAI TV, TVKU Semarang, Batik TV Pekalongan, RUAI TV Pontianak, Ratih TV Kebumen dan Efarina TV di Sumatera Utara. Sedangkan, mitra lainnya yang berhalangan hadir, yaitu UseeTV, XL Home, dan Telkom Maxstream.

“Kini saatnya kita bersama-sama bergandengan tangan untuk memberikan masa depan yang baik untuk peserta didik di Indonesia. Ini adalah momentum bagi TV Edukasi dan mitra untuk bergandengan tangan memberi kesempatan kepada anak bangsa khususnya jenjang PAUD hingga Sekolah Dasar agar dapat belajar melaui sumber pembelajaran alternatif yang bermanfaat,” tutur Hasan Chabibie pada Temu Mitra TV Edukasi yang bertajuk “Sukseskan Siaran Program Belajar dari Rumah”, di Jakarta.

Berikut jadwal tayang siaran Belajar dari Rumah di TV Edukasi yang berlangsung mulai jam 08.00 – 11.30 WIB dan tayang ulang jam 15.00 – 18.30 WIB untuk jenjang PAUD, serta SD kelas 1 sampai dengan kelas 6.

PAUD tayang jam 08.00 WIB dan tayang ulang jam 18.00 WIB, Sekolah Dasar kelas 1 tayang jam 08.30 WIB dan tayang ulang jam 17.30 WIB, Sekolah Dasar kelas 2 tayang jam 09.00 WIB dan tayang ulang jam
17.00 WIB, Sekolah Dasar kelas 3 tayang jam 09.30 WIB dan tayang ulang jam 16.30 WIB, Sekolah Dasar kelas 4 tayang jam 10.00 WIB dan tayang ulang jam 16.00 WIB, Sekolah Dasar kelas 5 tayang jam 10.30 WIB dan tayang ulang jam 15.30 WIB, Sekolah Dasar kelas 6 tayang jam 11.00 WIB dan tayang ulang jam 15.00 WIB.

Selain jadwal siaran TV Edukasi di atas, program Belajar dari Rumah dapat disaksikan ulang melalui kanal YouTube Televisi Edukasi dan Rumah Belajar.
Langkah ini dilakukan untuk memastikan aspirasi pemangku kepentingan yang menginginkan siaran program Belajar dari Rumah dapat ditonton ulang dan lebih mudah dibagikan melalui media sosial.

Tautan Youtube program Belajar dari Rumah di Televisi Edukasi Kemendikbud untuk SD:
kelas 1:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas1
kelas 2:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas2
kelas 3:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas3
kelas 4:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas4
kelas 5:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas5
kelas 6:http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas6

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#belajardarirumah
#merdekabelajar
#bersamahadapikorona
#bersamabergerakpulih
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 98/sipres/A6/III/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 353 kali