Bangkitkan Kembali Dunia Hiburan Dalam Negeri, Pemerintah Vaksinasi 500 Budayawan  19 April 2021  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara langsung meninjau vaksinasi Covid-19 kepada 500 budayawan yang dilakukan di Galeri Nasional, pada Senin (19/04). Vaksinasi ini merupakan langkah pemerintah dalam mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia dan membangkitkan kembali dunia hiburan dalam negeri di masa pandemi Covid-19.

Di antara para penerima vaksinasi terdapat sederet bintang kenamaan seperti Lies Hartono (Cak Lontong), Slamet Rahardjo Jarot (Aktor/Teater Populer Teguh-Karya), dan Bimbim Slank (Musisi). Para budayawan ini mengingatkan kepada masyarakat bahwa tidak perlu khawatir ataupun takut untuk melakukan vaksinasi Covid-19, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya yag dilakukan pemerintah dalam menghentikan laju penyebaran virus Korona di Indonesia.

Turut pula hadir mendampingi Presiden Jokowi, yaitu Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Gubernur DKI Jakarta.

“Pada pagi hari ini alhamdulillah kita bersama-sama dengan para seniman, budayawan, artis, musisi dari teater, dari seni tradisi, semuanya berkumpul disini untuk divaksinasi dan kita harapkan semua nya nanti bisa terlindungi dan tidak terpapar oleh Covid-19 sehingga bisa beraktivitas seperti biasa,” tutur Jokowi.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa budayawan merupakan tokoh yang banyak dipanuti dan banyak ditonton oleh masyarakat. Sehingga, pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan mampu memperkuat keyakinan serta menghilangkan kekhawatiran masyarakat tentang vaksinasi Covid-19. “Kami harapkan dengan mereka divaksinasi bisa juga membantu agar teman-teman yang menyaksikan mereka bisa lebih yakin bahwa vaksinasi itu aman,” ungkap Budi.

Budi juga menambahkan bahwa Kementerian Kesehatan saat ini mendorong vaksinasi Covid-19 pada golongan lansia. Menurutnya, vaksinasi Covid-19 ini sangat penting untuk melindungi para golongan lansia, dikarenakan golongan tersebut termasuk dalam golongan yang rentan terkena paparan virus Covid-19 dan memiliki kemungkinan fatalitas yang tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengungkapkan bahwa terdapat beberapa subsektor dalam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang membutuhkan pada budayawan, subsektor yang dimaksud seperti perfilman dan musik. Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan subsector tersebut dapat pulih dan bangkit kembali dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Jadi kita ini penyumbang PDB ketiga terbesar di dunia setelah Amerika dan Korea. Makanya hari ini kita sangat apresiasi para budayawan, para seniman sebagai pelaku sektor ekonomi kreatif ini mendapat giliran vaksinasi,” kata Sandiaga.

“Dan mudah-mudahan contoh dari seniman dan budayawan yang antusias menjalani vaksin ini bisa menular, menyebar ke masyarakat dan memberi semangat optimis dan semangat positif bagi masyarakat,” ungkap Lies Hartono atau yang dikenal dengan sebutan Cah Lontong. * (Ammar/Aline R.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 11347 kali