Kebangkitan Sektor Seni, Budaya dan Ekonomi Kreatif Melalui Vaksinasi Budayawan Tahap Pertama  19 April 2021  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mendampingi Presiden RI dalam giat pemberian vaksinasi fase pertama yang diberikan kepada budayawan yang diadakan di Galeri Nasional, Jakarta (19/4). Selain Mendikbud, turut hadir Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunawan Sadikin; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno; dan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 masih ada dan nyata di Indonesia, sehingga masyarakat diminta untuk tetap ingat dan waspada. Negara hadir melindungi semua kalangan masyarakat dari penyebaran virus korona. Vaksinasi bagi seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk menggeliatkan kembali sektor seni dan budaya Indonesia agar segera bangkit dan pulih dari pandemi.

“Oleh sebab itu, kita tetap tidak boleh lengah. Jangan sampai situasi sekarang yang kurvanya sudah lebih baik menurun ini menjadi naik lagi gara-gara kita lengah dan tidak waspada,” tegas Presiden Jokowi dihadapan 500 peserta vaksinasi yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Presiden merasa bersyukur karena para seniman, budayawan, artis, musisi baik dari teater maupun seni tradisi mendukung program vaksinasi. “Kita harapkan semuanya nanti bisa terlindungi dan tidak terpapar oleh Covid-19 sehingga bisa beraktivitas seperti biasa," harapnya.

Selanjutnya, salah satu budayawan yang divaksinasi, yakni Komedian Lies Hartono (Cak Lontong) menyampaikan bahwa vaksinasi wajib dilaksanakan dan semestinya diterima dengan baik oleh masyarakat. Karena menurut Cak Lontong, ini adalah hal terbaik yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan contoh dari seniman, budayawan yang antusias menjalani vaksinasi hari ini bisa menular, menyebar ke masyarakat dan memberi semangat optimis dan semangat positif bagi masyarakat,” imbuhnya.

Mendikbud berharap, para seniman dan budayawan lainnya bisa bersabar menunggu giliran untuk divaksinasi. “Pemerintah telah mencanangkan vaksinasi gratis untuk semua baik seniman maupun budayawan,” terang Mendikbud.* (Andrew/Denty)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 10804 kali