Kemendikbud Raih Dua Penghargaan dalam Ajang PR Indonesia Award (PRIA) 2021  02 April 2021  ← Back

Jakarta, 1 April 2021 --- Majalah Jendela Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil meraih Bronze Winner pada Subkategori e-Magazine Kementerian dalam ajang PR Indonesia Award (PRIA) 2021 yang diumumkan secara virtual melalui kanal Youtube, Rabu (31/3/2021). Prestasi tersebut diperoleh untuk  majalah Jendela edisi XLIII/Mei 2020 berjudul "Merdeka Berinovasi, Menebar Kampus Juara".

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Hendarman mengatakan, perolehan penghargaan tersebut cukup membanggakan, mengingat tahun ini adalah kali pertama Jendela ikut dalam ajang PRIA. "Alhamdulillah, pertama kali ikut serta dan bisa dapat prestasi," tutur Hendarman.

Ia berharap, hal ini dapat memacu semangat pengelola majalah Jendela untuk bergerak lebih baik dan terus memberikan edukasi mengenai kebijakan Kemendikbud yang bermanfaat bagi masyarakat. "Majalah Jendela hadir memberikan informasi berupa kebijakan dan program Kemendikbud sehingga dapat diketahui oleh masyarakat. Semoga prestasi ini dapat menjadikan majalah Jendela lebih bermanfaat lagi," tambahnya.

Majalah Jendela edisi XLIII/Mei 2020 berisi tentang program Kampus Merdeka yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada awal Januari 2020. Ada empat kebijakan pada program Kampus Merdeka yang dijelaskan secara mendalam dalam majalah Jendela, yaitu sistem akreditasi perguruan tinggi, hak belajar tiga semester di luar program studi, pembukaan prodi baru, dan kemudahan menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH).

Sementara pada sampul, tertuang ilustrasi berupa tiga tanaman dalam pot yang disirami. Pada bagian pucuk tanaman digambarkan dengan orang berseragam profesi. Ilustrasi ini menggambarkan hasil dari program Kampus Merdeka yang akan menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang unggul.

PRIA merupakan ajang kompetisi kinerja kehumasan paling komprehensif di Indonesia. Ajang ini berisi kumpulan karya dan terobosan bagi para praktisi komunikasi korporat/instansi dalam mengukur kinerja sepanjang satu tahun. PRIA diselenggarakan oleh PR INDONESIA, media berbasis komunitas profesional humas di Indonesia. PR INDONESIA memberikan penghargaan bagi kreativitas humas yang mampu mewujudkan kinerja positif bagi korporasi/instansi.  

Tahun ini majalah Jendela telah mengantongi dua penghargaan untuk kategori majalah elektronik. Sebelumnya pada 24 Februari 2021, Jendela menyabet Silver Winner Kategori Majalah Elektronik Kementerian/Lembaga Terbaik dari ajang Inhouse Magazine Award (InMA) 2021 yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Sikoper Meraih Penghargaan Gold Winner

Selain Majalah Jendela, Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan Kemendikbud (Sikoper) turut meraih penghargaan Gold Winner melalui sub kategori Aplikasi dari PR Indonesia Awards (PRIA) 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 31 Maret 2021 di Jakarta. Sikoper merupakan sistem integrasi koleksi perpustakaan Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diinisasi pada tahun 2019.

Pembangunan Sikoper dilatarbelakangin banyaknya aplikasi dan koleksi perpustakaan di lingkungan Kemendikbud masih tersebar dan belum terintegasi. Adanya sistem ini, Perpustakaan Kemendikbud mendokumentasikan dan mengintegrasikan seluruh koleksi perpustakaan dan bahan publikasi yang ada di lingkungan Kemendikbud, baik pusat maupun daerah serta menyediakan akses bagi pemustaka untuk mempermudah pencarian dan mengunduh koleksi perpustakaan dan bahan publikasi Kemendikbud.

Dengan perolehan penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada pemustakanya dan terus mendorong Perpustakaan Kemendikbud untuk membuat inovasi – inovasi dalam bidang perpustakaan.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 103/sipres/A6/IVI/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 265 kali