Lulus 100%, Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo Kelas XII  10 Mei 2021  ← Back

 

Jakarta, Kemendikbud --- Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menggelar acara pengumuman kelulusan bagi siswa-siswi kelas XII SMA tahun pelajaran 2020/2021 pada Senin, 3 Mei 2021 pukul 14.30 waktu Tokyo. Kegiatan ini dilakukan secara daring  sehubungan dengan kebijakan perpanjangan State of Emergency  (keadaan darurat) akibat lonjakan kasus Covid-19. Kebijakan yang awalnya berlaku pada 25 April s.d. 11 Mei 2021, kemudian diperpanjang hingga 31 Mei 2021.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, menyampaikan apresiasi dalam sambutannya. “Kami berterima kasih atas kepercayaan orang tua yang telah menitipkan putra-putrinya untuk dididik di Sekolah Republik Indonesia Tokyo. SRIT akan terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar mampu menelurkan alumni yang kompetitif di era 4.0 ini. Semoga seluruh siswa Kelas XII SRIT dapat terus berprestasi pada jenjang pendidikan tinggi dan menjadi kebanggaan orang tua serta almamater di masa depan,” ucap Yusli.

Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo Saidan mengungkapkan kebahagiaan dan rasa bangganya terhadap kemampuan dan prestasi siswa Kelas XII selama masa studi. “Ini menjadi momen bahagia sekaligus haru bagi semua yang hadir,” ujar Saidan.

Pengumuman kelulusan kelas XII SMA dibacakan oleh Wali Kelas XII MIPA dan IPS, Tofan Adi Prasetyo. Sebanyak sembilan siswa SMA SRIT yang terdiri dari empat siswa MIPA dan lima siswa IPS yang dinyatakan lulus jenjang SMA SRIT. Beberapa hari sebelumnya, salah satu siswa bahkan telah diterima pada Program Studi (Prodi) Sarjana Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Rektor IPB, Arif Satria, yang dihubungi terpisah melalui telepon menyampaikan, “Setiap sekolah yang memenuhi syarat memiliki hak untuk mengajukan siswanya mengikuti SNMPTN sesuai dengan akreditasi sekolahnya. Dalam hal ini, termasuk SRIT, memiliki hak tersebut.”

"IPB memiliki catatan panjang prestasi berbagai sekolah di Indonesia dalam sistem yang disebut Peringkat Akademik Sekolah (Peraks). Setiap siswa berhak memilih prodi pilihannya, termasuk prodi favorit. Siswa SRIT yang saat ini diterima di Prodi Ilmu Komputer, yang merupakan salah satu prodi favorit, memenuhi syarat dan mengalahkan kompetitor lainnya sehingga diputuskan diterima di prodi tersebut,” tegas Arif yang juga Ketua Forum Rektor Indonesia.

Acara pengumuman kelulusan diakhiri dengan pesan kesan para orang tua siswa serta guru-guru SRIT. Orang tua menyampaikan keharuan dan kebanggaan atas kelulusan putra-putrinya. Demikian juga para pendidik SRIT yang turut berbahagia dan mengucapkan selamat dan doa keberhasilan untuk kesuksesan masa depan seluruh peserta didik.* (Lydia/Denty)*
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 17300 kali