KBRI Thailand Bersama UPN Veteran Jakarta Bahas Ekspansi Kerja Sama dengan Lembaga Pendidikan Tinggi  18 Juni 2021  ← Back


Bangkok, 9 Juni 2021 – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok mengadakan pertemuan secara daring dengan jajaran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta (UPNVJ) pada Rabu (9/6). Pertemuan ini membahas rencana ekspansi peluang kerja sama UPN Veteran Jakarta dengan lembaga pendidikan tinggi di Thailand.    

Duta Besar RI untuk Thailand, YM Rachmat Budiman mengatakan bahwa pandemi Covid-19 bukan menjadi hambatan untuk memperluas jejaring internasional, termasuk kerja sama pada bidang  pendidikan. Untuk itu, YM Rachmat menyambut baik pertemuan dengan jajaran UPN Veteran Jakarta.

“Dengan adanya pandemi, justru kami bersama perguruan tinggi di Indonesia bisa silaturahmi walaupun secara virtual. Tentu pertemuan ini akan memberikan manfaat khususnya bagi para stakeholder pendidikan di Indonesia,” ujar YM. Rachmat Budiman secara virtual di Bangkok.

Sebelum melangkah ke taraf internasional, kata Dubes Rahmat, instansi pendidikan harus memiliki kapabilitas yang memenuhi standar internasional dan memiliki akreditasi yang baik sehingga siap memberikan pengaruh bagi dunia. “Penandatanganan MoU jangan dijadikan tujuan akhir, tetapi justru menjadi landasan untuk pengembangan kerja sama lainnya yang berkelanjutan sehingga MoU yang ditandatangani itu harus ada tindak lanjutnya. Tapi tentu kita harus sudah siap untuk go internasional,” lanjut Duta Besar.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik UPN Veteran Jakarta, Anter Venus mengatakan bahwa UPN sebagai universitas yang baru tujuh tahun menjadi PTN  ini, mencanangkan visi “Universitas Unggul Berkualitas Internasional” salah satunya melalui kerja sama dengan instansi pendidikan di luar negeri termasuk Thailand. “Pemilihan Thailand ini berdasarkan pertimbangan kualitas pendidikan di Thailand yang relative lebih baik sehingga berpotensi untuk menjadi mitra yang strategis,” ujarnya.

Anter Venus berharap dengan pertemuan bersama KBRI Bangkok ini bisa mendapatkan saran dan masukan dari Duta Besar dan juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan terkait bentuk kerja sama dengan instansi pendidikan di Thailand yang berpeluang dan berpotensi. Melalui pertemuan ini juga, UPN Veteran Jakarta merencanakan membangun kerja sama dalam bentuk double degree.   

Menjawab hal ini, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Achmad Wicaksono memaparkan informasi awal tentang pendidikan tinggi di Thailand.  Riset perguruanan tinggi di Thailand mengacu kepada bidang-bidang yang menjadi target di Thailand.

“Dalam mencapai Thailand 4.0 yang berorientasi pada industri masa depan, industri automobil, IT dan robotik, bisa menjadi topik kerja sama penelitian dengan perguruan tinggi di Indonesia,” katanya.

Selain itu, pertemuan ini, kata Achmad Wicaksono, dapat berpeluang untuk melakukan kerja sama melalui pertukaran mahasiswa lewat pendidikan online dalam bidang tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai progra, kerja sama dengan Negara Thailand. Kerja sama ini meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, pertukaran peneliti, kerja sama penelitian, kuliah tamu, dan sebagainya.  







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Nomor : 259/sipres/A6/VI/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 581 kali