Sekolah Republik Indonesia Tokyo Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Khidmat  03 Juni 2021  ← Back

Tokyo, 2 Juni 2021 --- Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang tahun ini mengangkat tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” di Gedung Balai Indonesia, SRIT pada Selasa (1/6). Upacara tersebut diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan (GTK) di lingkungan SRIT.

Dalam sambutannya, Kepala SRIT, Saidan, mengingatkan bahwa hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni merupakan peristiwa bersejarah bagi Indonesia karena pada hari itu Pancasila dicetuskan menjadi dasar negara Indonesia.

“Ibarat  konstruksi dalam  bangunan, gedung akan kuat kalau fondasinya kuat, demikian juga negara Indonesia akan kuat karena fondasi atau dasar negaranya yaitu Pancasila kuat. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama mengamalkan Pancasila serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa agar negara kita dapat menjadi negara maju yang adil makmur, aman, bahagia dan sejahtera sesuai amanah undang-undang dalam bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila dan UUD 1945,” tegas Saidan penuh semangat dan terasa bergema dalam gedung itu.

Dalam rangkaian upacara tersebut, seluruh peserta serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca teks Pancasila, membaca narasi sejarah hari lahir Pancasila, serta menyanyikan dengan penuh semangat, lagu nasional Garuda Pancasila yang menggugah semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 

Acara tersebut diakhiri dengan pembacaan doa dan foto bersama seluruh peserta untuk mengabadikan momen kebersamaan.
 

 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
#SerentakBergerak
#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 236/sipres/A6/VI/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 255 kali