100 Persen Lulusan Sekolah Indonesia Cairo Diterima di Universitas Terbaik  16 Juli 2021  ← Back



Kemendikbudristek, Cairo --- Selama 14 tahun terakhir, persentase lulusan Sekolah Indonesia Cairo yang melanjutkan studi di perguruan tinggi mencapai angka 94 persen.  Pada tahun 2020, sebanyak 83 persen lulusan Sekolah Indonesia Cairo melanjutkan pendidikan di universitas terbaik di dalam maupun luar negeri. Angka tersebut bahkan meningkat di tahun 2021 ini, di mana tercatat sebanyak 100 persen lulusan Sekolah Indonesia Cairo melanjutkan kuliah di universitas.

Hal tersebut diungkapkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Cairo, Mesir, Bambang Suryadi, dalam upacara kelulusan Sekolah Indonesia Cairo yang digelar secara virtual, yakni “SIC Virtual Graduation”, pada Selasa, 29 Juni 2021. Bambang mengatakan, Sekolah Indonesia Cairo sangat sukses membimbing peserta didiknya, terutama kelas 12, dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Ismail Nur, mengatakan para lulusan kelas 12 Sekolah Indonesia Cairo tahun 2021 telah diterima di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri, yaitu Ananda Nada Ribhi Yousuf Awad diterima di Universitas Cairo, Dyah Ayu Qarina diterima di Universitas Negeri Yogyakarta, dan Mustafa Habiebie Idrus diterima di Institut Pertanian Bogor. Dalam sambutannya di acara “SIC Virtual Graduation”, Ismail juga menyampaikan betapa pentingnya pendidikan karakter di era pandemi ini.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, turut hadir dalam acara “SIC Virtual Graduation”. Ia sangat mengapresiasi pencapaian siswa SIC yang dapat bersaing di perguruan tinggi ternama baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun ia juga menekankan agar SIC tidak lekas berbangga diri, karena tantangan di masa mendatang akan lebih berat lagi. Ia pun berpesan kepada para lulusan kelas 12 SIC tahun 2021.

“Kalian adalah bagian dari warga negara Indonesia yang berjumlah 270 juta penduduk yang mendapatkan hak istimewa untuk masuk, untuk mendapatkan akses mengenyam pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi. Oleh karena itu jangan sia-siakan waktu, jangan buang-buang waktumu untuk hal-hal yang tidak produktif. Manfaatkan waktumu untuk terus mengembangkan diri, manfaatkan waktumu untuk meningkatkan kapasitas dan meningkatkan kualitas,” katanya. Ia berharap para lulusan SIC nantinya akan menjadi manusia yang berkualitas tinggi dan mampu memenangi persaingan di manapun berada.

Upacara kelulusan SIC tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual itu mengangkat tema “Gantungkan Cita-Citamu Setinggi Langit. Jika Kau Jatuh, Kau Akan Berada di Antara Para Bintang”. Acara “SIC Virtual Graduation 2021” dihadiri lebih dari 100 orang. Selain dihadiri  oleh Duta Besar RI untuk Mesir dan Atdikbud KBRI Cairo, beberapa kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) lain juga hadir, yaitu Kepala Sekolah Indonesia Den Haag, Herman Tahir; Kepala Sekolah Indonesia Riyadh, Abdullah Syifa; Kepala Sekolah Indonesia Jeddah, Sutikno; dan Kepala Sekolah Indonesia Mekah, Bunyamin.

“SIC Virtual Graduation” diselenggarakan untuk siswa TK B, siswa SD kelas 6, siswa SMP Kelas 9, dan siswa SMA kelas 12 yang telah lulus dari jenjang masing-masing. Rangkaian acara diisi dengan penampilan dari para pelajar SIC, antara lain pembacaan ayat suci Alquran dari Ula Al Hazami kelas 1 SD yang telah menuntaskan hafalan Alquran sebanyak 10 juz, penampilan tari tradisional oleh ananda Putu Wilya, penampilan menyanyi lagu “Guruku Tersayang” oleh ananda Dzakiyyah Syifa El Rahmah, penampilan medley dari siswa kelas lima SD dengan lagu berjudul “See you again”, dan salam perpisahan dari ananda Dyah Ayu Qarina. (Bandriyo Sulistiyono/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5051 kali