Mendikbudristek Lantik Rektor, Direktur, dan Pejabat Fungsional  02 Juli 2021  ← Back

Jakarta, 2 Juli 2021 --- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), secara daring, pada Jumat (2/7). Kepada pejabat yang dilantik, Menteri Nadiem, berharap dapat bergerak serentak wujudkan Merdeka Belajar.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat melaksanakan pelantikan beberapa pejabat yang akan turut bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar. Merdeka Belajar merupakan upaya kita bersama untuk mewujudkan lingkungan belajar yang mendorong anak-anak berpikir kritis, dan kreatif, serta menumbuhkan karakter pembelajar yang tangguh,” demikian disampaikan Menteri Nadiem pada pelantikan pejabat tersebut.

Kepada para pejabat yang dilantik, Menteri Nadiem menekankan pentingnya kepekaan terhadap membaca peluang, kreatif dalam menemukan solusi, dan adaptif terhadap perubahan. “Dewasa ini kita dituntut untuk peka membaca peluang, kreatif dalam menemukan solusi, dan adaptif terhadap perubahan. Apalagi di masa mendatang dimana anak-anak kita menjadi penentu arah perkembangan bangsa. Ketiga hal tersebut akan semakin dibutuhkan,” terang Menteri Nadiem.

Adapun para pejabat yang dilantik, yakni Dr. Abdoellah, M.Pd sebagai Widyaprada Ahli Utama pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kepadanya, Menteri Nadiem berpesan, “Melalui pelaksanaan tugas dan fungsi pemetaan mutu pendidikan, pendampingan dan pembimbingan satuan pendidikan, dan supervisi pendidikan, dan pengembangan model penjaminan mutu pendidikan, kami mengharapkan kontribusi Bapak dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan yang mendukung semangat dan cita-cita Merdeka Belajar.”

Selanjutnya pejabat yang dilantik adalah Ir. Muhaswad Dwiyanto, M.Pd sebagai Inspektur I dan Drs. Bernard Purba, M.Ak., sebagai Inspektur III di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek. “Peranan Bapak-bapak dalam penyelenggaraan pengawasan internal di lingkungan Kemendikbudristek dalam pengelolaan anggaran dan kinerja satuan kerja dalam kerangka audit berbasis kinerja sangatlah krusial dalam upaya kita meningkatkan kualitas layanan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi,” ucap Menteri Nadiem.

Menteri Nadiem juga melantik Dr. Suhartono Arham, M.Si., sebagai Direktur Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, serta Drs. Triyantoro, M.Si. sebagai Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.

“Saya harap Bapak-bapak dapat segera melakukan koordinasi dengan segenap jajaran pimpinan dan pegawai di lingkungan satuan kerja masing-masing guna menjamin kelancaran jalannya organisasi yang mendukung upaya pencapaian visi dan misi Kemendikbudristek,” ucap Menteri Nadiem.

Pada lingkungan pendidikan tinggi, terdapat Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal yang dilantik sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera. Selanjutnya, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Sc., dilantik sebagai Rektor Universitas Halu Oleo untuk periode 2021-2025. Sementara itu pada lingkungan pendidikan vokasi dilantik Muh. Subhan, S.ST., M.T., sebagai Direktur Politeknik Negeri Fakfak periode 2021-2025.

Kepada para pimpinan perguruan tinggi yang baru dilantik, Menteri Nadiem berpesan, “Kami harap, Bapak-bapak dapat terus mengembangkan iklim pendidikan tinggi yang memacu kreativitas dan inovasi pada perguruan tinggi yang dipimpin. Dengan begitu, perguruan tinggi kita akan menghasilkan para pencetus perubahan yang akan membawa Indonesia maju ke panggung global.”

“Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” ucap Menteri Nadiem. “Tuhan mengetahui apa yang tampak dan tersembunyi dalam hati Saudara-saudara. Kepada Tuhan pula pertanggungjawaban akan Saudara-saudara berikan.”

Menteri Nadiem juga menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih kepada Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., (alm). “Terima kasih atas dedikasi beliau hingga akhir hayat, sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera Periode 2018-2022. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya,” ucap Menteri Nadiem memberikan penghormatan.

Ucapan terima kasih juga diberikan Menteri Nadiem kepada Ir. Ilyas Mansyur, M.T., selaku Direktur Politeknik Negeri Fakfak Periode 2017-2021, serta Drs. Purwadi Sutanto, M.Si., Muhammad Wiwin Darwina, S.E, M.Si., dan Sutoyo, S.IP, M.M., yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi pada jabatannya masing-masing di lingkungan Kemendikbudristek. “Kami berharap Bapak-bapak sekalian terus semangat berkarya,” tutup Mendikbudristek.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#SerentakBergerak
#MerdekaBelajar
Sumber : Nomor: 311/sipres/A6/VII/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1047 kali