SEAMEO BIOTROP Dukung SMK Mitra Program SMARTS-BE Berkompetisi di SEAMEO-Japan ESD Award  15 Juli 2021  ← Back

Bogor, 15 Juli 2021 – SEAMEO BIOTROP (Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology) menyelenggarakan program pendampingan untuk mendukung sembilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti kompetisi SEAMEO-Japan ESD Award 2021. Sekolah tersebut merupakan sekolah binaan dalam program Sekolah Mandiri Produksi Tanaman Sayur dan Buah Edukasi (SMARTS-BE) SEAMEO BIOTROP.  

Mewakili Direktur SEAMEO BIOTROP, Deputi Direktur Bidang Administrasi SEAMEO BIOTROP, Perdinan menyampaikan harapannya agar keterlibatan BIOTROP dalam rangka evaluasi dan saran pengembangan SMK dapat terus berlanjut. “Bagimana kita bisa mengemas hasil karya kawan-kawan melalui program SMARTS-BE dan pendampingan yang dilakukan di SMK dengan berbagai keunikan yang ditonjolkan, bahwa hasil yang dikembangkan akan bermanfaat secara berkelanjutan dan secara langsung di masyarakat,” tuturnya pada pembahasan perdana di Bogor, Selasa (13/7).  

Lebih lanjut, Perdinan juga menyampaikan tiga komponen penting dalam pengembangan pendidikan melalui program SMARTS-BE ini, yaitu 1) dukungan institusi, dari Kemendikbudristek, SMK, dan BIOTROP; 2) dukungan pendanaan, sudah mulai terlihat dengan berkembangnya produk-produk yang dihasilkan oleh SMK sebagai UMKM yang mendukung keberlanjutan dari sisi pendanaan; serta 3) dukungan SDM.

“Minat lulusan SMP untuk masuk SMK semakin meningkat dengan adanya peran pemerintah untuk mendukung sekolah vokasi semakin kental. Diharapkan juga, Indonesia dapat menjadi contoh negara-negara lain untuk mengembangkan sekolah vokasi dengan mengutamakan kemandirian,” tegasnya.  

SEAMEO – Japan ESD Award merupakan program penghargaan untuk sekolah yang diluncurkan oleh SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization) bekerja sama dengan dengan Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  Jepang (MEXT), dan UNESCO Asia and Pacific Regional Bureau for Education.

SEAMEO-Japan Education for Sustainable Development (ESD) Award diluncurkan dengan tujuan untuk mempromosikan praktik terbaik yang mendukung ESD di sekolah-sekolah di seluruh Asia Tenggara. Merujuk konsep ESD, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dimaknai sebagai proses pembelajaran atau pendekatan pengajaran berdasarkan standar ideal dan prinsip yang menekankan pada aspek keberlanjutan dengan memperhatikan semua jenjang dan jenis pembelajaran untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan pengembangan manusia secara berkelanjutan (learning to know, learning to be, learning to live together, learning to do and learning to transform oneself and society).

Untuk kepentingan pendampingan, SEAMEO BIOTROP membentuk tim teknis yang terdiri dari para peneliti, tim kreatif dan staf administrasi. Sembilan SMK terpilih dan tema yang diajukan untuk mengikuti kompetisi SEAMEO-Japan ESD Award adalah  sebagai berikut:
1.    SMKN 2 Slawi  dengan tema Intercollaboration Education in Crisis Covid-19
2.    SMKN 1 Tulungagung dengan tema Pembangunan Lingkungan yang Produktif: Peluang Pendidikan Berkualitas di Era Krisis Covid-19.
3.    SMK PPN Saree dengan tema Pembangunan Kebun Buah Lemon Intensif dan Produk Turunannya di Masa Pandemi Covid-19
4.    SMKN 2 Metro dengan tema Entrepreneur Coaching School in the New Normal Era
5.    SMKN 1 Cibadak dengan tema Teaching Factory Lemon California di Era Krisis Covid-19
6.    SMKN 1 Pacet dengan tema Food Security Partnership to Support Agro Eco Edutourism in Covid-19 Pandemic_
7.    SMK PPN Mataram dengan tema Strategi Pembelajaran Terbimbing, Adaptif dan Inklusif untuk Memperkuat Kualitas Pendidikan dan Enterpreneurship di Sekolah
8.    SMKN 2 Subang dengan tema How to change education system by using the IT
9.    SMKN 63 Jakarta dengan tema Adaptive and Resilience Enterpreneurship Education in Urban Area for Management Crisis of Covid-19

Kegiatan pendampingan yang dilakukan meliputi pengarahan untuk pemilihan tema, perencanaan, penulisan materi, persiapan pengisian formulir pendaftaran, produksi video, telaah materi yang akan diajukan, serta pendaftaran ke Sekretariat SEAMEO. “Melalui kegiatan pendampingan tersebut, diharapkan minimal satu SMK dapat memperoleh penghargaan SEAMEO -Japan ESD Award tahun 2021,” ujar Ferdinan.

“Terima kasih banyak kepada rekan-rekan untuk hadir untuk berdiskusi mengenai keinginan inisiatif BIOTROP dalam mencoba mempromosikan karya rekan-rekan SMK dalam SEAMEO-Japan ESD Award. Kami ucapkan terima kasih kepada rekan dari Kemendikbudristek melalui BKHM, selalu mendukung terkait pendanaan SMARTS-BE sehingga kita masih bisa bergerak dengan SMK,” tutupnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan pamaparan perjalanan program SMARTS-BE oleh Koordinator Program SMARTS-BE, Supriyanto, serta diskusi mengenai kemajuan dan kendala yang dialami oleh sembilan sekolah binaan dalam mempersiapkan materi untuk mengikuti kompetisi SEAMEO-Japan ESD Award. Turut hadir secara daring oleh perwakilan Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

Nara Hubung:
Rima Febriana
Manajer, Knowledge Management Department (KMD)
SEAMEO BIOTROP
081388237800
Sumber : Siaran Pers⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Nomor : 336/sipres/A6/VII/2021⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 270 kali