KBRI Wasington DC Kembali Menggelar Showcase Kelas Bahasa Indonesia 2021  05 Agustus 2021  ← Back

Washington DC, 3 Agustus 2021 --- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC melalui Atase Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) kembali menggelar Showcase Kelas Bahasa Indonesia 2021 pada Selasa (03/08) waktu Amerika Serikat. Acara yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh pemelajar level pemula di kelas bahasa Indonesia musim semi tahun 2021.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E. Aminudin Aziz yang hadir pada pembukaan Kelas Bahasa Indonesia tersebut mengapresiasi semua pihak termasuk guru yang telah turut serta dalam terselenggaranya acara. “Saya bangga akan tingginya antusiasme warga Amerika dalam mempelajari bahasa Indonesia. Ada lima kelas yang telah terselenggara dengan total siswa hampir 300 orang,” tutur E. Aminudin Aziz dalam sambutannya.

E. Aminudin Aziz berharap program ini dapat berlanjut sehingga para pemelajar dapat melanjutkan ke level yang lebih tinggi. “Setelah pandemi, datanglah ke Indonesia dan Anda akan lebih jatuh cinta kepada Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Atdikbud Washington DC, Popy Rufaidah menyambut hangat para peserta showcase dan para peserta yang hadir pada malam itu. Menurutnya, virtual showcase ini merupakan acara yang rutin diadakan setiap semester dan kali ini untuk kelas Spring 2021.

“Hari ini kita akan bersama-sama menyaksikan keterampilan yang dimiliki para pemelajar dalam berbahasa Indonesia. Selamat saya ucapkan kepada seluruh pemelajar dan para pengajar. Terima kasih juga saya ucapkan kepada Fulbright atas kesempatan yang diberikan kepada para pengajar sehingga dapat mengajar bahasa Indonesia di Amerika,” disampaikan Popy saat membuka acara secara resmi.

Popy menyampaikan peserta yang menampilkan keterampilan berbahasa Indonesia pada malam ini adalah pemelajar yang berasal dari beragam profesi, mulai dari pelajar tingkat SMA sampai dengan profesional dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara bagian Amerika Serikat. Sementara itu, para pengajar berasal dari para alumni program Fulbright Language Teaching Assistant dan BIPA Kemendikbudristek.

Untuk mengawali acara, pemandu acara, Tasia Mallombasang dan Peri Bies mengajak seluruh peserta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Acara pertunjukan selanjutnya kemudian diikuti dengan berbagai penampilan bertema Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Penampilan pertama datang dari Aaron Merriel, Isabel Beck dan Sebastian Orozco dengan menyanyikan sebuah lagu rap gubahan mereka berjudul Kelas Bahasa Indonesiaku. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan pembacaan puisi dari para siswa.

Megan Sie, salah satu siswa asal Amerika berhasil membacakan puisi karyanya sendiri yang berjudul ‘Liburan’. Begitu juga dengan Liam Conner, juga berhasil membawakan sebuah puisi berjudul ‘Mampir di Hutan di Malam Bersalju yang merupakan terjemahan dari puisi berjudul ‘Stopping by Woods on a Snowy Evening’ karya Robert Frost. Sementara itu, Janika Berridge membacakan salah satu puisi dari sastrawan terkenal Indonesia, Sapardi Djoko Damono berjudul ‘Hujan di Bulan Juni’.

Setelah pembacaan puisi dari para siswa, acara juga dimeriahkan dengan pembacaan berbagai pantun dari Thomas Ray Klecka, Audrey Short, dan Brenda Vanderwilde. Di samping itu, pemelajar lain seperti Brigid O’Donnell, Peri Bies and Annabela Chow menampilkan sebuah pertunjukkan drama berjudul ‘Hari Kemerdekaan’.

Berbagai kebudayaan khas Indonesia turut juga ditampilkan oleh para pemelajar yang berada di level pemula ini. Gamelan, alat musik tradisional Indonesia diperkenalkan oleh Olivia Sears kepada para audien yang ikut menyaksikan secara viritual acara pada malam itu. Sebuah cerita tentang asal usul Gunung Tidar di ceritakan juga dengan menarik oleh Xilin Zhou.

Disamping alat musik dan juga cerita budaya Indonesia, para siswa juga berhasil menunjukkan kepiawaiannya membuat makanan khas Indonesia. Prajna Alley dan Agrya Alley misalnya, mereka membuat Bubur Srintil, makanan khas kota Semarang. Sementara, Lisa Watson Bennett dengan antusias memperkenalkan makanan Indonesia favoritnya.

Tidak kalah menarik, sebuah video Home Tour disiapkan oleh Mai Ichihara untuk mengajak audien berkeliling ke rumahnya. Acara semakin meriah dengan penampilan Tasia Mallombasang dengan Ukulelenya membawakan sebuah lagu dari penyanyi muda kenamaan Indonesia, Nadin Amizah, berjudul Rumpang.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI dan menandai 73 tahun Hubungan Diplomatik antara Republik Indonesia dan Amerika Serikat ini ditutup oleh Sarah Hoover dengan menyanyikan lagu Indonesia pusaka dan para siswa dari tiga kelas bahasa Indonesia bersama-sama menyanyikan lagu Di Sini Senang Di Sana Senang.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 380/sipres/A6/VIII/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 942 kali