Menumbuhkan Sikap Gotong Royong dengan Bekerja Bakti di Sekolah  19 Agustus 2021  ← Back



Kemendikbudristek, Kairo --- Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, KBRI Cairo mengajak masyarakat diaspora yang berada di Republik Arab Mesir untuk melaksanakan kerja bakti. Kegiatan kerja bakti tersebut bertemakan “Gotong Royong adalah Tradisi Kita”. Tema gotong royong menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang hidup dengan budaya bergotong-royong, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Kerja bakti berlangsung pada hari Kamis, 12 Agustus 2021, secara serentak di lingkungan masing-masing masyarakat diaspora yang berada di Republik Arab Mesir. Kegiatan tersebut sekaligus dijadikan sebagai ajang perlombaan dalam peringatan HUT ke-76 RI. Sekolah Indonesia Cairo yang merupakan bagian dari KBRI Cairo pun ikut serta dalam perlombaan kerja bakti itu.

Rangkaian kerja bakti di Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dimulai sejak hari Selasa, 10 Agustus 2021, yang dilaksanakan oleh para guru dan tenaga kependidikan. Kerja bakti diprioritaskan untuk membersihkan atap sekolah dan memilah barang bekas mana yang masih bisa dipakai dan mana yang harus dihapus.

Pada kerja bakti hari kedua di SIC , yaitu Kamis, 12 Agustus 2021, kegiatan diikuti oleh para guru, tenaga kependidikan, dan siswa sekolah. Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Ismail Nur, mengatakan sikap gotong-royong merupakan tradisi dari bangsa Indonesia yang harus dipupuk sejak dini.

“Mereka (siswa) tidak hanya diajarkan pelajaran sekolah saja. Akan tetapi mereka perlu diajarkan sikap dan perilaku sebagai bangsa Indonesia. Melalui kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan Sekolah Indonesia Cairo ini, saya harapkan dapat menumbuhkan sikap gotong-royong dan rasa memiliki pada diri setiap siswa/siswi,” ujar Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Ismail Nur.

Jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan kerja bakti tersebut dibatasi hanya sebanyak 25 siswa supaya tidak terjadi kerumunan pada saat kegiatan berlangsung. Kerja bakti diawali dengan membersihkan kelas masing-masing oleh siswa dan wali kelas, karena ruang kelas sudah lama tidak ditempati selama pandemi. Para siswa yang merasa rindu dengan sekolah suasana kelas langsung merasakan kegembiraan sambil bekerja bakti. Setelah semua kelas bersih, kerja bakti dilanjutkan dengan membersihkan fasilitas di lingkungan sekolah, seperti aula, lapangan, dan laboratorium. Peserta kerja bakti dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok bertugas membersihkan lokasi yang menjadi tanggung jawabnya. Kerja bakti untuk memperingati HUT ke-76 RI itu berlangsung sejak pagi hingga siang hari, kemudian diakhiri dengan makan bakso bersama di lapangan Sekolah Indonesia Cairo. (Bandriyo Sulistiyono/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 17943 kali