Tim Rumah Budaya Indonesia Turut Meriahkan Asia Festival 2021 di Berlin  27 Agustus 2021  ← Back

Berlin, 26 Agustus 2021 – Tim Rumah Budaya Indonesia (RBI) hasil binaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin turut berpartisipasi pada acara Asia Festival 2021 di arena panggung terbuka, Gärten der Welt, Berlin, pada Sabtu (8/8). Pada kesempatan tersebut, tim kesenian RBI mementaskan Tari Bali Cendrawasih dan Musik Angklung oleh grup Angklung Orchestra Berlin.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Berlin, Ardi Marwan menyampaikan, pihak KBRI Berlin merasa sangat terhormat dengan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara kebudayaan Asia Festival 2021. “Kami senang akhirnya bisa kembali tampil di hadapan penonton. Misi kami adalah mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Jerman, dan kali ini kami membawa kebudayaan Bali dan kesenian angklung,” disampaikan Atase Ardi Marwan saat dihubungi melalui virtual pada Kamis (26/8).

Atase Ardi Marwan melanjutkan, peran serta RBI pada Asia Festival 2021 sangat memberi warna dan membuat para penonton terpukau dengan penampilan kesenian dari Indonesia. “Nyaringnya suara angklung memberikan nuansa berbeda pada siang itu. Penonton tampak sangat menikmati tampilan grup Angklung Orchestra Berlin,” ujar Atdikbud yang sekaligus sebagai penanggung jawab RBI Berlin.

Saat itu, grup Angklung Orchestra Berlin menampilkan aransemen musik baru yang unik dari beberapa lagu yang sudah familiar di masyarakat seperti My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh Celine Dion. Tak pelak, tepuk tangan dari para penonton pun menyambut penampilan atraktif tersebut.

Selain pementasan seni yang berhasil memukai penonton, KBRI di Berlin juga membuka stan interaktif dengan nama ‘Mejejahitan Bali’. Dijelaskan Atase Ardi Marwan, stan ini banyak dinikmati kelompok anak-anak karena mereka dapat mencoba membuat kerajinan tangan khas Bali yang hasilnya bisa untuk dibawa pulang.

“Beberapa pengunjung bahkan menyampaikan kekaguman mereka atas terpeliharanya budaya tradisional Indonesia khususnya di Bali hingga di era modern seperti saat ini. Mereka pun merasa kagum ketika melihat indahnya arsitektur taman Bali pura Tri Hita Karana yang dilengkapi dengan dekorasi tradisional khas Bali,” jelas Ardi Marwan.

Seperti diketahui, Bali sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah sangat dikenal dunia, termasuk di Jerman. Keindahan alam dan keelokan budaya merupakan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan global. “Dengan membawa Bali lebih dekat bagi warga Jerman, tentu membuat mereka sangat tertarik, karena tanpa harus terbang ke Indonesia mereka sudah bisa menikmati budaya Bali,” tutur Ardi Marwan.

Sementara itu, Senior Consultant Parkbotschafterin Grün Berlin, Beate Reuber dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungan KBRI Berlin dalam acara Asia Festival 2021. “Penampilan kesenian tradisional Indonesia di setiap acara yang dilaksanakan di Gärten der Welt selalu berhasil menarik perhatian pengunjung dilengkapi dengan keberadaan Pura Bali di taman ini,” ungkapnya.

Asia Festival 2021 di Berlin merupakan acara pertunjukkan kesenian tradisional yang pertama kali diselenggarakan di arena panggung terbuka. Selama ini, arena panggung terbuka ini hanya menampilkan konser musik atau tari modern. Selain kesenian tradisional dari Indonesia, Asia Festival 20201 yang berhasil menghadirkan sekitar 500 orang penonton ini juga menampilkan kelompok kesenian dari China, Jepang, dan Korea.





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 434/sipres/A6/VIII/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1281 kali