57.845 Peserta Ikuti Seleksi Babak Penyisihan KSN SMP Tahap I Tahun 2021  15 September 2021  ← Back

Jakarta, 14 September 2021 --- Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan babak penyisihan tahap I Kompeteisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP. Tahap ini diikuti oleh 57.845 peserta dari 337 Kabupaten/Kota dan 3 Negara Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), yakni Arab Saudi, Malaysia, dan Mesir.

Untuk pelaksanaan tahun ini yang masih dalam situasi Pandemi Covid-19, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengimbau agar pelaksanaan seleksi KSN SMP Tahap 1 dilaksanakan di rumah masing-masing atau di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. “Mengingat sebagian daerah masih menerapkan kebijakan PPKM, kami berharap Dinas Pendidikan, kepala sekolah dan orang tua untuk selalu mengawasi kesehatan peserta KSN SMP,” tekannya ketika dihubungi, pada Selasa (14/9).

Pelaksanaan seleksi KSN SMP babak penyisihan tahap I akan dimulai dari tanggal 14 s.d 15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas. “Pada tanggal 14 September 2021 pada pukul 08.00 s.d. 09.30 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan pukul 13.00 s.d. 14.30 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan pada tanggal 15 September 2021 pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Matematika,” terang Asep lebih lanjut.  

Selanjutnya, Plt. Kapuspresnas itu menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti seleksi KSN SMP babak penyisihan tahap I adalah tiga peserta terbaik yang mewakili sekolah untuk masing-masing bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. “Dari 57.845 peserta yang mengikuti lomba untuk bidang Matematika sebanyak 19.168 orang, peserta yang mengikuti lomba bidang IPA sebanyak 19.509 orang, dan yang mengikuti lomba bidang IPS sebanyak 19.168 orang,” jelas Asep.

Perlu diketahui, Puspresnas telah melakukan empat kali simulasi kepada peserta didik untuk melihat kondisi kendala peserta. Dengan begitu, panitia dapat mengevaluasi serta meminimalisir kendala peserta pada saat pelaksanaan seleksi berlangsung. “Hasil yang diharapkan pada seleksi KSN SMP Babak Penyisihan tahap I tahun 2021 ini adalah terpilihnya lima peserta terbaik tingkat kabupaten/kota untuk setiap bidang lomba dan menetapkan peserta seleksi penyisihan tahap II untuk setiap bidang lomba,” tuturnya.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 498/sipres/A6/IX/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 8120 kali