97 Warga Prancis Lolos Sebagai Peserta Kelas BIPA Pada Semester II di KBRI Paris  13 September 2021  ← Back

Paris, 9 September 2021 -- Memasuki semester kedua tahun ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris kembali menggelar kelas bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Dalam pembukaan yang diselenggarakan secara daring pada Senin (6/9), Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Paris, Warsito menyambut para peserta kelas BIPA, baik peserta baru maupun peserta yang telah berpartisipasi sejak semester lalu.
 
“Selamat datang para peserta kelas BIPA tahun 2021, semoga melalui pembelajaran bahasa Indonesia secara gratis ini akan menambah minat warga Paris untuk datang dan mengeksplor Indonesia,” terang Atdikbud Warsito dalam sambutannya.
 
Warsito mengatakan, pada semester kedua tahun 2021, warga Prancis tetap antusias belajar bahasa Indonesia. Total peserta BIPA tahun ini yang lolos dan terdaftar setelah melewati proses tes penempatan mencapai 97 peserta yang dibagi kedalam 5 kelas. 47 orang di antaranya adalah peserta baru dan sisanya peserta dari semester lalu yang naik kelas ke tingkat berikutnya. Seperti semester sebelumnya, tingkatan kelas pada semester kedua ini dibagi menjadi kelas pemula, kelas menengah dan kelas mahir. 
 
Pada kesempatan ini, para peserta juga turut berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Beberapa di antaranya memberikan apresiasinya dalam penyelenggaraan kelas bahasa Indonesia di KBRI ini. Karine Delforge, misalnya, peserta yang datang dari kelas mahir, yang dulunya merupakan lulusan kelas menengah di KBRI Paris mengungkapkan kepuasannya mengikuti kelas BIPA pada semester lalu. “Melalui pembelajaran ini beliau dapat belajar berbagai macam hal baru mengenai Indonesia,” ujarnya.
 
Selanjutnya, Antoine du Buysson, peserta lain yang datang dari kelas menengah juga ikut mengapresiasi kelas BIPA ini.nFrédérique Vivet, seorang mahasiswa bahasa Indonesia di INALCO yang juga ikut berpartisipasi dalam kelas BIPA tahun ini ditingkat mahir menyampaikan rasa senangnya untuk dapat mengikuti kelas BIPA di KBRI kembali. “Melalui pembelajaran bahasa Indonesia di KBRI, saya merasa banyak hal yang berbeda selain apa yang diajarkan di kampus,” tuturnya.
 
Sebagai penutup acara, Bernadetta Ami Sardjono, salah satu pengajar di kelas BIPA menyampaikan pesan dan kesannya selama mengajar di kelas BIPA KBRI Paris. “Selamat datang para peserta kelas BIPA. Semoga kalian tidak hanya cinta bahasa Prancis tetapi cinta juga bahasa Indonesia,” ujarnya.
 
Pada kesempatan ini, Bernadetta juga menambahkan beberapa informasi seputar pelaksanaan kelas seperti aturan tata tertib ketika belajar di kelas. Kelas BIPA akan berlangsung mulai dari 7 September hingga pertengahan November mendatang.
 
Setiap kelas memiliki 2 kali pertemuan di setiap minggunya dengan durasi 1,5 jam, dimulai pukul 18.30 sampai 20.00 waktu Paris. Kelas diselenggarakan setiap hari Senin sampai Kamis dengan pembagian, Senin dan Rabu akan diisi oleh kelas pemula dan menengah, kemudian setiap hari Selasa dan Kamis adalah untuk kelas pemula dan menengah lain serta kelas mahir. (Atdikbud Prancis/Seno H.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1585 kali